Life

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya untuk Tubuhmu

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya untuk Tubuhmu

Kebiasaan sehari-hari memiliki dampak yang bisa kita rasakan dalam waktu dekat maupun di masa depan. Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin menurutmu biasa saja selama tubuhmu tidak menimbulkan gejala-gejala aneh setelah melakukan hal tersebut.

Banyak kebiasaan sehari-hari yang kerap kali ditanyakan benarkah berakibat buruk bagi tubuh. Misalnya saja mandi tengah malam, mandi pagi setelah bergadang, atau makan buah setelah makan berat menjadi kebiasaan yang mungkin pernah kamu tanyakan dampaknya tubuh.

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, ternyata ada kebiasaan lain yang tanpa kamu sadari bisa membahayakan tubuhmu. Apa saja?

1.Minum dari botol plastik

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya untuk Tubuhmu

Meski sekarang kampanye lingkungan hidup terus digerakkan, masih banyak masyarakat yang mengonsumi minuman dari botol plastik. Kamu juga pasti sudah biasa melihat minuman-minuman dari botol plastik dipajang di etalase toko. Minuman kemasan memang menarik, nikmat, dan praktis. Tapi tahukah kamu jika hal tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Tidak hanya minuman manis, air putih dalam kemasan juga bisa sangat berbahaya. Plastik yang digunakan untuk membuat kemasan minuman mengandung bisphenol A yang luruh akibat botol plastik terkena panas. Panas ini bisa berasal dari suhu ruangan atau cahaya matahari. Zat berbahaya ini bisa memicu kanker payudara jika zat ini masuk terus menerus dalam tubuhmu.

2. Menaruh dompet di saku celana

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya untuk Tubuhmu

Kebiasaan satu ini biasanya dilakukan oleh pria. Sadar atau tidak, pria memilih untuk meletakkan dompet mereka di saku celana bagian belakang. Mungkin agar lebih mudah dan praktis. Tapi ternyata kebiasaan ini sangat berbahaya untuk tubuh.

Saat dompet ditaruh di saku bagian belakang, otomatis kamu akan mendudukinya. Meski terdengar sederhana, kebiasaan ini bisa membuat bentuk tulang belakang menjadi tidak normal. Menduduki dompet minimal 15 menit saja setiap hari bisa menyebabkan ligamen penghubung tulang di persendian bergeser. Punggungmu akan cepat pegal dan tulang belakang akan berubah tidak lurus seperti tulang belakang pada umunya.

3. Mengorek telinga menggunakan cotton bud

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya untuk Tubuhmu

Kamu punya kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud? Sebaiknya berhentilah mulai sekarang. Mungkin tujuanmu adalah untuk membuat telinga bersih. Tapi kamu salah, kebiasaan ini justru berbahaya untuk telinga.

Telinga secara alami mampu mengeluarkan sendiri kotoran-kotoran di dalamnya. Cotton bud ternyata nisa membuat kotoran telinga menjadi semakin masuk ke dalam dan menyumbat saluran telinga. Telinga yang terlalu bersih juga bisa membuatnya rentan terkena polusi. Jadi karena kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya, sebaiknya kamu membersihkan saja dengan handuk atau tisu saat mandi.

4. Mencuci tangan dengan air hangat

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya untuk Tubuhmu

Banyak yang percaya suhu panas dapat membunuh kuman. Memang benar, tapi hal tersebut tidak berlaku jika kamu mencuci tangan dengan air hangat. Kuman akan mati jika mereka terkena air panas. Jadi tidak perlu menggunakan air hangat untuk mencuci tangan. Gunakan saja air dingin dengan sabun agar tangan bersih dan bebas dari kuman.

5. Menggosok gigi setelah makan

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Berbahaya untuk Tubuhmu

Kamu mungkin menilai kebiasaan ini sangat baik untuk kesehatan mulut. Menggosok gigi setelah makan memang bertujuan untuk meghilangkan bau karena sisa makanan dan mecegah gigi berlubang. Ternyata hal tersebut salah.

Setelah makan, gigi berada pada posisi terlemah karena asam dari makanan sedang menyerang enamel gigi. Asam yang dihasilkan sisa makanan dapat dinetralkan dengan air liur. Jadi, butuh waktu sekitar 30menit bagi air liur untuk menetralkan asam. Maka dari itu, kamu sebaiknya menunggu sekitar 30 menit setelah makan untuk menggosok gigimu.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang ternyata berbahaya untuk tubuh. Dari lima kebiasan di atas, mana yang paling sering kamu lakukan?

To Top