in ,

5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis

5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis
Foto: Tahrirnews.com

Saat tanggal tua, semua orang pasti cemberut karena uang sudah ludes habis. Ketika awal bulan datang, wajah yang tadinya cemberut berubah jadi ceria karena kita akan menerima gaji, sehingga dompet yang tadinya kering bisa subur kembali.

Tapi jangan senang dulu ketika menerima gaji, pasalnya uang itu harus bisa mencukupi kebutuhan kita selama satu bulan penuh. Namun kebanyakan orang tidak bisa mengatur pola pengeluarannya sehingga gaji cepat habis meski belum sampai pertengahan bulan. Akibatnya nanti bisa pusing sendiri, dan kamu terpaksa mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Agar uang gajihan tidak mudah habis di awal bulan dan cukup sampai akhir bulan nanti, sebaiknya kamu hindari kebiasaan-kebiasaan ini karena dapat menguras dompet kamu sampai ludes tanpa kamu sadari.

1. Poya-poyaan

5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis
Foto: Accommodationmarche.com

Biasanya kebanyakan orang suka poya-poyaan ketika menerima gaji tanpa memperhitungkan pengeluaran jangka panjang. Karena merasa punya uang, kamu pasti seenaknya beli barang itu dan ini tanpa ada perhitungan. Boleh saja sih kamu jajan ketika menerima gaji, asalkan kamu perhitungkan terlebih dahulu berapa pengeluaran yang bisa kamu gunakan. Jangan sampai kamu gunakan semuanya sehingga uang mudah habis, dan nanti kamu malah gigit jari.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

2. Tidak memperhitungkan pengeluaran setiap harinya

5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis
Foto: Smart-money.co

Meski baru estimasi, alangkah baiknya kamu hitung berapa pengeluaran rata-rata kamu per harinya untuk memenuhi kebutuhan pokok, lalu kemudian cocokan dengan gajimu. Dengan begini, setidaknya kamu memiliki gambaran berapa banyak uang yang bisa dikeluarkan setiap harinya, dan bila ada sisanya baru kamu bisa gunakan untuk kebutuhan lain. Jangan sampai kamu tidak memperhitungkannya yang nantinya kamu bisa kebablasan mengeluarkan uang.

3. Membeli sesuatu yang kurang penting

5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis
Foto: Wellkeptwallet.com

Ingin beli hp, baju, sepatu atau barang-barang baru lainnya adalah kebutuhan skunder. Pastikan kamu jangan menggunakan uang gajihan untuk membeli barang-barang tersebut jika gajih kamu kurang memadai. Perhatikan dulu kebutuhan pokok kamu, baru kalau ada sisnya kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan. Tapi kebanyakan orang suka menghabiskan uangnya untuk membeli barang-barang baru, dan akibatnya uang habis seolah ditelan bumi. Nanti kamu bingung sendiri lho mencukupi kebutuhan kamu, sementara awal bulan masih jauh.

4. Mentraktir teman

5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis
Foto: Gregetan.com

Saat gajihan, mungkin kamu suka ngajak kumpul temen-temen kamu, lalu kamu yang membayar makan mereka. Boleh-boleh saja mentraktir teman asalkan uangnya cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu selama satu bulan. Jangan asal nraktir tapi kamu sendiri nantinya malah sengsara.

Baca Juga: Foto-Foto Kocak Menu Makan Saat Tanggal Tua Tiba

5. Tidak bisa menahan diri

5 Kebiasaan di Awal Bulan yang Bikin Gaji Cepat Habis
Foto: Boombastis.com

Saat tanggal tua, kamu paling makan dengan telur, ikan asin, dan pokoknya kamu makan seadanya ketika itu. Tapi saat awal bulan, kamu makan dengan menu yang lengkap, ada dagingnya, sayurannya, dan pokoknya menunya mahal-mahal. Jika gaji memang mencukupi, boleh-boleh saja, tapi jika merasa tidak, sebaiknya tetap pilih menu makan yang sederhana saja.

Intinya kamu harus bisa menahan diri dari membeli segala sesuatu yang dapat menguras uang kamu. Selain itu kamu juga harus melakukan manajemen yang tepat agar pengeluaran bisa digunakan semaksimal mungkin dan tidak kebablasan. Dengan begini, setidaknya kamu tidak akan terlalu menderita di tanggal tua nanti.

Loading...
Loading...