in ,

5 Hal yang Perlu Dihindari Agar Tetap Awet Muda

Tetap awet muda
Ilustrasi (pixabay.com)

Tua memang suatu hal yang tak bisa kita hindari. Semua orang pasti akan mengalami masa-masa ini. Meski menjadi tua adalah hal yang pasti kita alami di kemudian hari, kamu pasti ingin selalu terlihat awet muda bukan?

Siapa yang tak ingin tetap sehat dan awet muda? Tentu semua orang menginginkannya. Namun terkadang kita tak menyadari bahwa banyak kebiasaan sepele yang ternyata bisa membuat kita terlihat tidak muda lagi. Lalu apa saja hal yang bisa membuat kita terlihat lebih tua?

1. Alkohol

Alkohol dibuat untuk membuat tubuh menjadi hangat saat tengah dalam cuaca dingin, namun jika kamu mengonsumsi alkohol berlebihan apa yang akan kamu dapatkan?

loading...

Pertama, kamu akan mengalami kulit yang tidak sehat karena sifat alkohol yang menurunkan kadar vitamin A, C dan B3. Padahal, viatamin ini adalah sumber antioksidan yang akan membantu meregenerasi sel kulitmu. Jadi, untuk kamu penikmat alkohol jangan heran jika kulitmu terlihat kusam dan tak sehat.

Baca Juga: 5 Makanan ‘Pengukir’ Awet Muda Di Wajah

Kedua, kulitmu akan lebih cepat menua. Hal ini akan lebih terlihat jelas ketika kamu seringkali beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Alkohol juga ternyata dapat memicu penuaan pada kulit yang membuat kamu tidak terlihat awet muda.

2. Rokok

Sudah menjadi rahasia umum jika rokok memberikan dampak negatif pada tubuh. Bukan hanya bagi perokok aktif, namun asap rokok juga sangat berbahaya bagi perokok pasif. Rokok memiliki kandungan zat berbahaya yang tak hanya mempengaruhi organ pernafasan namun juga anggota tubuh lain.

Kandungan zat berbahaya dari rokok dapat mempengaruhi aliran darah. Zat berbahaya dalam rokok dapat merusak jaringan yang mengakibatkan aliran darah terganggu. Salah satunya adalah aliran darah pada wajah yang membuat penampilan si perokok terlihat lebih tua dibandingkan usianya.

3. Tidak menggunakan Sunscreen

Di antara kita mungkin ada yang tidak memperdulikan sunscreen, padahal sunscreen merupakan ‘tameng’ untuk kulit agar tidak terkena dampak dari sinar UV. Paparan sinar UV tidak bisa disepelekan karena dapat mengakibatkan keriput serta bintik-bintik kecoklatan di area yang terkena sinar matahari.

Baca Juga: Deretan ‘Nenek-Nenek’ Awet Muda Paling Seksi Di Muka Bumi

Sinar UV dapat merusak jaringan elastisitas kulit hingga mengakibatkan kanker kulit. Jadi mulai sekarang jangan lupa mengoleskan sunscreen jika ingin ke luar ruangan. Dan hal yang harus kamu ingat, sunscreen berbeda dengan lotion meski terkadang ada kandungan sunscreen dalam produk lotion.

4. Makanan

Apa yang masuk dalam tubuh kita tentu akan berpengaruh pada tubuh, khususnya makanan. Untuk kamu yang memiliki pola makan tidak teratur, kerap mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang kurang, bersiaplah untuk terlihat lebih tua!

Makanan dengan gizi yang buruk akan mempengaruhi tampilan seseorang. Wajah akan terlihat menua dengan kulit yang kusam. Untuk itu penuhilah gizimu setiap hari dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Jangan lupa untuk menambah sayuran serta buah-buahan dan perbanyak mengonsumsi air putih agar kulitmu senantiasa awet muda.

5. Kualitas istirahat

Pasti sulit untuk mengatur waktu istirahat untuk kamu si pekerja keras yang kerap kali bekerja dari pagi hingga larut malam, padahal istirahat adalah suatu hal yang penting. Karena kelelahan, kualitas tidur seseorang biasanya akan menurun. Kurang waktu istirahat, terbangun di tengah malam hingga mengalami gejala insomnia.

Tahukah kamu jika kualotas tidurmu akan berpengaruh pada penampilanmu? Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang baik biasanya akan terlihat berenergi, segar, awet muda dan cerah setiap hari. Berbeda dengan mereka yang mengalami kualitas tidur yang buruk, mereka akan terlihat kelelahan, tak bersemangat dan kusam. Jadi perbaiki pola tidurmu agar kamu bisa terlihat lebih muda dan berenergi setiap hari.

loading...
loading...
Loading...
Loading...