in ,

5 Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan Saat Mudik

5 Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan Saat Mudik
Ilustrasi (pixabay.com)

Mudik ke kampung halaman sudah jadi tradisi di Indonesia setiap kali menjelang hari raya. Tujuannya yaitu untuk berkumpul bersama keluarga ketika lebaran dan tentunya ini jadi momen yang sangat membahagiakan.

Namun jangan sampai momen membahagiakan ini kandas karena kita mengalami kecelakaan dalam perjalanan mudik. Memang kecelakaan itu sudah jadi takdir, tapi kita harus berikhtiar untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan selama berkendara.

Agar perjalanan Anda selama mudik bisa selamat sampai ke tujuan, sebaiknya Anda mulai memperhatikan beberapa hal yang sering dianggap sepele ini. Meskipun sepele tapi jika diabaikan, risiko terjadi kecelakaan sangatlah besar.

loading...

1. Tidak memeriksa kondisi kendaraan

Banyak pemudik yang mengabaikan hal ini karena merasa kendarannya baik-baik saja. Apapun kondisinya, sebaiknya periksa dulu kondisi kendaraan Anda, seperti rem, ban, oli dan sebagainya. Pasalnya banyak kecelakaan yang terjadi lantaran ada sesuatu yang rusak pada kendaraan pemudik.

Baca Juga: 7 Kecelakaan Mobil Paling Tak Masuk Akal

2. Memaksakan diri saat lelah

Bagi yang mudik dengan membawa kendaraan pribadi, jangan sampai Anda memaksakan diri kalau Anda sudah lelah dalam perjalanan. Istirahat dulu sejenak sampai lelah Anda hilang. Jangan memaksakan karena lelah bisa menyebabkan Anda kehilangan fokus saat mengendarai yang akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan.

3. Terlalu banyak membawa barang

Entah itu mudik pakai mobil atau motor, membawa terlalu banyak barang bisa menyebabkan kendaraan kehilangan keseimbangan. Setiap kendaraan diatur untuk membawa beban sedemikian rupa. Jika melebihi batas yang ditentukan, akibatnya nanti kendaraan bisa kehilangan keseimbangan.

Baca Juga: Ini Alasan Banyak Terjadi Kecelakaan di Tanjakan Emen

4. Kurang minum

Sebelum pergi, usahakan Anda minum secukupnya. Jangan sampai Anda berpergian jauh dengan kondisi tubuh kurang cairan. Jika tubuh kekurangan cairan, Anda nanti akan mudah lelah, ngantuk, dan pikiran gak fokus. Padahal semua itu diperlukan selama Anda berkendaran dalam jarak jauh. Jika mersa tubuh sudah mulai haus, sebaiknya berhenti dulu, lalu minum secukupnya.

5. Ego

Saat berkendara, jangan sampai ego menguasai Anda. Banyak pengemudi yang egois di jalanan tanpa memikirkan keselamatan. Misalnya saja nyalip kendaraan lain tanpa perhitungan, kebut-kebutan, atau memaksakan diri karena merasa masih kuat. Ego bisa mencelakakan seseorang.

loading...
loading...
Loading...
Loading...