in

5 Hal Ini Bisa Membuat Persalinan Makin Menyakitkan

Ilustrasi ibu melahirkan (foto: Boldsky)

Salah satu hal yang sering dikhawatirkan wanita ketika persalinan adalah rasa sakit yang begitu hebat. Oleh karena itu banyak dari mereka yang melakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa sakit selama persalinan.

Mengatasi rasa sakit ketika persalinan memang bukan hal yang mudah. Namun sekarang ada banyak obat yang bisa membantu para ibu mengurangi rasa nyeri selama persalinan. Meskipun demikian, seorang ibu harus tetap memperhatikan beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa sakit ketika persalinan jadi semakin parah.

Berikut beberapa hal yang bisa membuat persalinan makin menyakitkan, seperti dikutip Wow Menariknya dari Boldsky, Minggu (24/5/2015).

5. Berbaring Telentang

Ini merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan ibu melahirkan. Posisi seperti ini dapat membuat bayi menekan tulang belakang dan memotong suplai darah. Itu juga akan melawan gravitasi sehingga sulit untuk didorong. Pada akhirnya, rasa sakit selama persalinan akan makin parah.

4. Takut

Sebenarnya, rasa sakit ketika persalinan disebabkan oleh ketakutan Anda sendiri. Ketika Anda takut, Anda tidak akan bernapas dan menyebabkan rasa sakit.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa rasa takut dapat mengganggu hormon yang membuat persalinan semakin sulit. Intinya, Anda hanya perlu untuk bersantai dan menenangkan pikiran Anda ketika akan memulai proses persalinan. Selain itu, pastikan pasangan Anda juga ikut tenang ketika melihat persalinan Anda.

3. Lingkungan yang Menyebabkan Stres

Hal lain yang harus Anda pertimbangkan adalah lingkungan yang nyaman dan aman. Jika lingkungan Anda tidak nyaman, Anda akan merasa tegang dan pada akhirnya akan mempersulit proses persalinan Anda. Jadi, pertimbangkan lokasi persalinan Anda, apakah rumah sakit tempat Anda akan melahirkan kondisinya nyaman dan tentram atau tidak.

2. Dehidrasi

Jika Anda bertanya-tanya kenapa persalinan begitu menyakitkan, kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi merupakan alasan utamanya. Dehidrasi mempengaruhi semua sel dalam tubuh, sehingga akan membuat Anda merasa lelah dan tidak fokus.

Jadi, pastikan Anda memiliki segelas air putih selama proses persalinan. Minta suami Anda untuk menyajikan air ketika Anda melahirkan.

1. Kurang Latihan

Jika Anda tidak mengikuti gaya hidup sehat selama masa kehamilan Anda, kemungkinan besar Anda akan mengalami rasa sakit yang cukup hebat ketika persalinan. Kurangnya aktivitas fisik selama masa kehamilan adalah penyebab utama.