in ,

5 Fakta Unik Israel yang Jarang Diketahui Orang

Berbicara tentang Israel, kebanyakan orang mungkin beranggapan kalau negara tersebut suka bikin masalah, kerusuhan dan menebar konflik dengan Palestina. Anggapan tersebut memang tidak terlalu salah, tapi masih banyak hal yang belum kamu ketahui tentang negara zionis itu.

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang Israel di luar sudut pandang kekerasan, simak ulasan berikut ini tentang fakta-fakta unik Israel yang jarang diketahui orang.

1. Ada kelompok penentang paham Zionis

loading...

Tak semua orang Israel menganut paham Zionis, ada kelompok penentang paham Zionis yang disebut Neturei Karta yang berarti Penjaga Kota. Kelompok yang dibentuk pada tahun 1938 ini mempercayai bahwa sebelum kedatangan Mesias Yahudi, orang Yahudi dilarang memiliki negara sendiri. Kelompok tersebut bahkan mendukung kemerdekaan Palestina.

Baca Juga: 3 Negara Mayoritas Islam Ini Dilarang Masuk Israel

2. Yerusalem jadi kota paling sering diperebutkan

Yerusalem menjadi kota tertua di dunia sekaligus tempat suci semua agama samawi. Mirisnya, kota ini selalu diperebutkan sejak zaman para nabi sampai sekarang. Setidaknya Yerusalem pernah diserang sebanyak 52 kali dan direbut kembali sebanyak 44 kali.

3. Punya dua bahasa nasional

Israel memiliki dua bahasa nasional, yakni Ibrani modern dan bahasa Arab. Bahasa Ibrani modern pada dasarnya sama dengan bahasa Ibrani kuno, hanya saja telah mendapat pengaruh dari bahasa lain, seperti Arab, Jerman dan Inggris.

4. Islam adalah agama terbesar kedua di Israel

Penduduk Israel mayoritasnya memang menganut agama Yahudi dengan presentase 75,4 persen, menurut data Kementrian Luar Negeri Israel. Namun fakta yang mengejutkan, Islam jadi agama terbesar kedua di Israel setelah Yahudi. Penduduk Muslim di Israel terus bertambah dari 156.000 sejak 1949 menjadi 1.454.000 jiwa.

Baca Juga: 7 Fakta Mengejutkan Kehidupan Islam di Israel yang Jarang Diketahui

5. Surat untuk Tuhan

Percaya atau tidak, kantor pos di Yerusalem setiap tahunnya selalu menerima banyak surat yang dialamatkan kepada Tuhan. Surat tersebut datang dari berbagai negara dengan bahasa berbeda. Isi suratnya pun bermacam-macam yang berkaitan dengan permintaan. Namun tidak diketahui maksud dari surat yang dialamatkan kepada Tuhan ini dan bagaimana awal mulanya.

Disamping suka bikin masalah dan konflik, ternyata Israel juga memiliki fakta-fakta menarik yang selama ini jarang diketahui publik.

loading...
Loading...
Loading...