in ,

5 Fakta Anak Krakatau yang Mencengangkan

5 Fakta Anak Krakatau yang Mencengangkan 1

Gunung Anak Krakatau dituduh sebagi penyebab tsunami di Selat Sunda yang melanda beberapa daerah di pesisir pantai Banten dan Lampung. Erupsi Anak Krakatau menyebabkan longsor bawah laut yang menyebabkan tsunami setinggi 0,9 meter.

Sekilas tentang Anak Krakatau, gunung berapi aktif ini awal mulanya tidak ada. Beberapa dekade setelah Gunung Krakatau meletus hebat pada 27 Agustus 1883, perlahan-lahan Anak Krakatau mulai muncul dan sampai sekarang terus tumbuh dan meninggi. Oleh karena itu gunung berapi ini disebut Anak Krakatau.

Berikut ini simak beberapa fakta Anak Krakatau yang mungkin belum kalian tahu. Gunung berapi aktif ini berpotensi meletus hebat seperti induknya dulu. Jika sampai hal itu terjadi, wilayah di sekitar Selat Sunda bisa terancam.

1. Anak Krakatau mulai muncul pada tahun 1927

5 Fakta Anak Krakatau yang Mencengangkan 2
Foto: jefrihutagalung.wordpress.com

Pada 29 Desember 1927, sejumlah nelayan dari Jawa melihat ada uap yang muncul dari kaldera yang sekarang sudah jadi Gunung Anak Krakatau.

Baca Juga: Kumpulan Video Detik-Detik Tsunami Banten Akibat Letusan Anak Krakatau

Sedangkan menurut Data Dasar Gunungapi Indonesia, Gunung Anak Krakatau mulai muncul dari permukaan laut Selat Sunda pada 30 Januari 1930. Anak Krakatau muncul akibat dari ledakan dahsyat induknya, Gunung Krakatau pada tahun 1883.

2. Anak Krakatau terus tumbuh setiap tahunnya

5 Fakta Anak Krakatau yang Mencengangkan 3
Foto: Indonesia Tourism

Anak Krakatau terus tumbuh 4-6 meter setiap tahunnya. Hal itu disebabkan karena aktivitas vulkanik Anak Krakatau yang sangat tinggi, sehingga banyak material yang dikeluarkan dari perut gunung ini yang membuatnya terus tumbuh.

3. Ukuran Gunung Anak Krakatau

5 Fakta Anak Krakatau yang Mencengangkan 4
Foto: Netral English

Menurut data Badan Geologi ESDM pada tahun 2010, Anak Krakatau memiliki ketinggian mencapai 320 meter di bawah permukaan laut. Dan untuk diameternya, Anak Krakatau bisa mencapai 2 kilometer pada Agustus 2018 kemarin. Sementara induknya memiliki ketinggian 800 meter.

Baca Juga: Letusan Gunung Toba Pernah Nyaris Lenyapkan Umat Manusia

4. Ada spesies hewan dan tumbuhan yang hidup di Anak Krakatau

5 Fakta Anak Krakatau yang Mencengangkan 5
Foto: Phinemo

Meskipun Anak Krakatau merupakan gunung berapi aktif, di bagian sisi timur gunung ini terdapat beberapa spesies hewan dan tumbuhan yang hidup di sana. Sementara di bagian puncaknya tidak ditemukan tanda kehidupan karena suhunya yang sangat panas.

5. Kekuatan erupsi Anak Krakatau bisa sangat besar

5 Fakta Anak Krakatau yang Mencengangkan 6
Foto: Dok

Gunung Anak Krakatau terus tumbuh besar dan mungkin saja nanti bisa sebesar induknya. Ditambah lagi gunung ini didominasi oleh magma silika. Biasanya, gunung berapi yang memiliki magma dengan kandungan silika, letusannya bisa sangat hebat.

Andaikan gunung ini meletus hebat, tak menutup kemungkinan bencana yang disebabkan letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 akan terulang lagi.

Loading...
Loading...