in

4 Tips Menghemat BBM Bagi Pengguna Kendaraan Pribadi

Bersepedah merupakan salah satu cara sehat menghemat BBM

Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sudah naik dari 6.500 untuk premium menjadi 8.500 dan 5.500 untuk solar menjadi 7.500. Akibat kenaikan harga BBM tersebut, banyak masyarakat yang mengeluh kepada pemerintah karena dianggap bisa merugikan rakyat.

Meskipun demikian, sebenarnya kita bisa kok menghemat uang dengan cara menggunakan BBM seefisien dan seefektif mungkin. Nah, berikut Wow Menariknya sajikan beberapa tips menghemat bahan bakar minyak atau BBM bagi para pengguna kendaraan pribadi.

4. Gunakan Sepeda

Jika jarak tempat kerja atau sekolah kamu tidak terlalu jauh, sebaiknya gunakan saja sepeda untuk menghemat biaya. Selain menghemat biaya, naik sepeda juga sanga baik bagi kesehatan dan melatih tubuh untuk tetap fit sepanjang hari. Tak hanya itu naik sepeda itu lebih asyik dibandingkan dengan naik kendaraan bermotor atau mobil.

3. Jalan Kaki

Seperti yang sudah disebutkan tadi, jika jarak tempat kerja atau sekolah kamu tidak jauh, alangkah baiknya Anda jalan kaki saja. Ya, memang di era serba cepat ini banyak orang yang malas jalan kaki walaupun jarak yang ditempuhnya sangat dekat. Sebenarnya selain mengehmat BBM dan uang, dengan jalan kaki tubuh juga akan semakin sehat karena terus digerakan.

Jika takut terkena polusi, sebaiknya gunakan masker selama dalam perjalanan atau bagi wanita yang tak ingin wajahnya kotor, bisa menggunakan tabir surya atau jenis produk pelindung lainnya sebelum berangkat.

2. Gunakan Kendaraan Seperlunya

Untuk menghemat BBM, sebaiknya Anda jangan terlalu sering menggunakan kendaraan Anda. Seperlunya saja gunakan kendaraan pribadi jika ada hal-hal yang mendesak. Jangan sampai setiap Anda pergi ke tempat yang tak terlalu jauh, Anda selalu menggunakan kendaraan. Kebiasaan tersebut tentu bisa memboroskan bensin kendaraan Anda.

1. Gunakan Kendaraan Umum

Ketika ada kepentingan dalam hal pekerjaan atau hal lainnya dalam jarak yang lumayan jauh, tetapi tak ingin memboroskan BBM, sebaiknya gunakan kendaraan umum seperti angkot atau bus. Meskipun ongkosnya pasti akan naik, tapi hal itu tak seberapa jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Loading...
Loading...