Life

4 Hobi Keren yang Bisa Bikin Kamu Jauh dari Pikun

4 Hobi Keren yang Bisa Bikin Kamu Jauh dari Pikun

Pikun menjadi ketakutan semua orang saat menginjak usia lanjut. Padahal, kamu bisa mencegah pikun lho sejak kamu masih muda. Selain melatih daya ingat dan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk otak, ternyata ada cara menyenangkan untuk mencegah pikun.

Kamu bisa memulai hobi baru yang menyenangkan untuk mencegah pikun. Hobi apa saja yang bisa mencegah pikun?

1.Bermain alat musik

4 Hobi Keren yang Bisa Bikin Kamu Jauh dari Pikun

Banyak orang yang menyukai musik, tapi tak begitu banyak orang yang mendalami instrumen musik. Para ilmuwan sudah membuktikan bahwa ada kaitan erat antara kerja otak dan alat musik. Dengan bermain musik, tingkat fungsi kognitif seseorang akan meningkat.

Fungsi kognitif ini meliputi kemampuan memecahkan masalah, pengenalan pola, pemrosesan sekunsial, hingga meningkatkan memori otak. Memainkan alat musik juga akan membuat koneksi sarah antara kedua belah otak menjadi lebih baik.

Selain baik untuk otak, seseorang yang bisa bermain musik terlihat keren dan memikat bukan?

2. Membaca buku

4 Hobi Keren yang Bisa Bikin Kamu Jauh dari Pikun

Membaca bisa menjadi daftar hobimu yang baru. Tak harus buku, kamu bisa membaca artikel, cerpen, dan lainnya. Membaca akan membuka jalur saraf baru untuk menajamkan daya ingat. Membaca juga melatih otak untuk berfungsi dengan optimal.

Seseorang yang gemar membaca buku biasanya terlihat lebih tenang. Dengan membaca kamu akan tahu banyak informasi, dan itu merupakan hal yang menyenangkan bukan?

3. Mempelajari bahasa lain

4 Hobi Keren yang Bisa Bikin Kamu Jauh dari Pikun

Hobi selanjutnya adalah belajar bahasa baru. Cobalah untuk meningkatkan ketertarikanmu pada bahasa asing. Saat kita mempelajari bahasa asing, otak kita akan bekerja secara bertahap. Mendengarkan suara, menerjemahkan, kemudian menjawab.

Hal ini membuat kita menjadi fokus pada tugas yang terjadi secara bersamaan. Inilah yang membuat memori otak lebih berkembang dan kemampuan mengingat sesuatu menjadi lebih baik.

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, kamu menjadi lebih percaya diri. Dan, orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa asing selalu terlihat cerdas dan membuat orang lain terkesan. Kamu tidak mau?

Baca Juga : Ini Perbedaan Hobi Orang Boros dan Orang Kaya

4. Berolah raga

4 Hobi Keren yang Bisa Bikin Kamu Jauh dari Pikun

Hobi menyenangkan untuk mencegah pikun adalah berolah raga. Siapa yang malas berolah raga? Sekarang buang rasa malasmu karena pikun bisa kamu cegah jika kamu berolah raga secara teratur. Olahraga akan membantu penyerapan informasi lebih baik.

BDNF (Brain Derived Neurotrophin Factor) adalah protein yang dihasilkan saat kita berolah raga. Protein ini mengalir pada aliran darah. Protein mampu meningkatkan memori dan fokus seseorang.

Jadi, selain bagus untuk otak olah raga juga baik untuk kesehatan tubuhmu. Sekarang masih malas untuk memulai olah raga teratur?

Itulah beberapa hobi yang menyenangkan sekaligus keren untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun. Semoga bermanfaat!

To Top