in

4 Gangguang Kesehatan Akibat Tato

tato

Setiap orang memiliki hak untuk membuat tato di tubuhnya. Meskipun hal itu agak bertentangan dengan agama atau kehidupan sosial, banyak orang yang beranggapan bahwa tato itu merupakan seni yang indah. Namun, tahukah Anda bahwa ditato itu bisa menyebabkan masalah kesehatan?

Berikut 4 gangguan kesehatan akibat ditato, seperti dikutip healthmeup.com oleh merdeka.com.

loading...

4. Alergi

Sebagian besar bahan pewarna yang digunakan untuk membuat tato terbuat dari bahan kimia. Sehingga bisa menyebabkan ruam atau gatal di sekitar tato. Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki alergi sebelumnya sebaiknya jangan ditato karena bisa memperburuknya.

3. Infeksi kulit

Biasanya infeksi kulit suka menyerang setiap Anda membuat tato. Misalnya infeksi kulit yang paling umum dialami banyak orang yang ditato, diantaranya selulitis, herpes simpleks, kutil, dan infeksi Mycobacterium Atypical.

2. Infeksi bakteri

Pori-pori kulit akan terbuka lebar karena tato. Hal itu dapat menyebabkan infeksi bakteri bisa dengan mudah menyerang kulit. Pada akhirnya kulit akan memerah, meradang, melepuh, dan bahkan mengeluarkan nanah.

1. Penularan penyakit melalui darah

Peralatan yang biasanya digunakan untuk membuat tato bisa menyebabkan penularan penyakit melalui darah. Misal, penyaki sifilis, kusta, hepatitis, bahkan HIV. Tetapi infeksi seperti ini bisa dicegah dengan menggunakan peralatan yang benar-benar steril. Namun, hal itu tidak menjamin Anda terbebas dari penyakit ketika ditato.

loading...
loading...
Loading...
Loading...