Infomen

Wow, Bisnis Cicak Kering Asal Cirebon Sukses Tembus Pasar China

Cicak dianggap hewan yang menjijikan. Tak akan pernah terpikirkan oleh siapapun kalau cicak ternyata bisa dijadikan ladang penghasilan.

Kecuali oleh wanita asal Cirebon, Jawa Barat ini yang memiliki bisnis dengan memanfaatkan cicak. Bahkan bisnisnya tersebut sampai diekspor ke pasar China lho.

Ita Purwati, perempuan berusia 23 tahun ini memiliki bisnis yang terbilang unik, yakni bisnis menjual cicak. Tapi bukan yang masih hidup, melainkan yang sudah mati dan dalam keadaan kering.

Dia menjelaskan bahwa bisnis cicak kering ini merupakan usaha turun menurun yang sudah dimulai oleh ibunya sejak 16 tahun lalu. Kemudian Ita mulai mengembangkan usaha ini sekitar setengah tahun.

Baca Juga: 6 Artis Tajir yang Punya Banyak Bisnis

Ita mengatakan kepada Liputan6, Selasa (9/4), “Awalnya dari usahanya ibu, sudah 16 tahunan. Saya baru merintis sekitar setengah tahun. Awalnya ada permintaan. Dikirim ke Surabaya.”

Omzet Rp 5 juta per bulan.

Foto: eastjavatraveler.com

Sampai akhirnya usaha Ita bisa merambas ke China. Menurutnya, cicak banyak dicari di Negeri Tirai Bambu itu untuk dijadikan obat. Oleh karena itu, permintaan dari China sangat besar.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Online yang Cocok Untuk Mahasiswa

Bagian tubuh cicak akan diambil dan kemudian digiling untuk dijadikan bahan baku obat. Biasanya pengiriman satu bulan bisa mencapai 1 kwintal dengan harga per kg Rp 250.000.

Kebanyakan cicak yang didapat Ita berasal dari Cirebon dan Jawa Tengah. Sebelum dijual, cicak yang didapat dari pengepul melewati sejumlah proses agar bisa dikeringkan dan kemudian dijual.

Per bulannya, Ita mengaku dapat omzet Rp 5 juta. Dia berharap bisnisnya ini bisa semakin berkembang dan bisa dijual ke negara-negara lainnya.

Baca Juga

To Top