in ,

Selain Indonesia, Bendera Merah Putih Juga Digunakan 2 Negara Ini, Siapa yang Pertama yah?

Selain Indonesia, Bendera Merah Putih Juga Digunakan 2 Negara Ini, Siapa yang Pertama yah? 1

Kalian pasti sudah tahu kalau ada beberapa negara yang menggunakan bendera dengan corak merah putih, diantaranya adalah Singapura, Monako, Singapura, Polandia dan Greenland. Dari lima negara tersebut hanya Indonesia, Monako dan Polandia yang memiliki bendera merah putih dengan desain yang nyaris sama.

Lantas, negara mana yang paling pertama menggunakan bendera dengan corak merah putih, apakah Indonesia atau dua negara tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Monako

Selain Indonesia, Bendera Merah Putih Juga Digunakan 2 Negara Ini, Siapa yang Pertama yah? 2

Desain bendera Monako nyaris sama percis dengan Indonesia, yaitu garis horizontal merah dan garis horizontal putih. Perbedaannya paling terletak pada warna merah. Monako memiliki merah yang agak lebih tua, sedangkan Indonesia merahnya lebih cerah.

Baca Juga: 9 Istri-Istri Presiden Soekarno, Cantik-Cantik!

Warna tersebut merupakan ciri khas dari The House of Grimaldi yang sudah ada sejak 1339. Namun desain bendera nasional Monako yang sekarang digunakan sudah diresmikan sejak 4 April 1881 di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

2. Polandia

Selain Indonesia, Bendera Merah Putih Juga Digunakan 2 Negara Ini, Siapa yang Pertama yah? 3

Untuk bendera Polandia memang bukan merah putih, tapi di balikan jadi putih merah. Warna tersebut secara resmi sudah jadi corak bendera nasional Polandia sejak 1831. Ini didasarkan atas tincture khas dari simbol dua negara konstituten Persemakmuran Polandia-Lituania, yakni Elang Putih sebagai simbol Polandia dan The Pursuer of Lituania merupakan ksatria putih yang menunggangi kuda putih dengan membawa perisai berwarna merah.

3. Indonesia

Selain Indonesia, Bendera Merah Putih Juga Digunakan 2 Negara Ini, Siapa yang Pertama yah? 4

Bendera merah putih milik Indonesia diadopsi dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur. Bendera merah putih sempat dikibarkan pada 1928, tapi kemudian dilarang oleh Belanda karena waktu itu Indonesia masih dijajah. Kemudian sang bendera merah putih baru bisa berkibar lagi bertepatan dengan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Foto-Foto Langka Presiden Soeharto Yang Tidak Dipublikasikan

Berdasarkan penjelasan dari masing-masing sejarah tiga negara tersebut, dapat disimpulkan bahwa Monako sudah menggunakan bendera bercorak merah dan putih sejak 1339, Polandia sejak 1831, dan Indonesia sudah menggunakannya sejak zaman Kerajaan Majapahit yang sudah berdiri pada tahun 1293.

Jadi, Indonesia lah negara yang pertama kali menggunakan bendera merah putih.

Loading...
Loading...