Infomen

Segitiga Masalembo, Segitiga Bermuda-nya Indonesia yang Tak Kalah Misterius

Segitiga Masalembo, Segitiga Bermuda-nya Indonesia yang Tak Kalah Misterius

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tempat bernama Segitiga Bermuda. Tempat tersebut merupakan wilayah yang terletak di samudera Atlantik yang menghubungkan wilayah Bermuda (wilayah teritorial Britania Raya) sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko (teritorial Amerika Serikat) sebagai titik di sebelah selatan, dan Miami (negara bagian Florida) sebagai titik sebelah barat.

Cerita tentang Segitiga Bermuda berawal saat salah satu awak kapal Christopher Colombus melintasi area Segitiga Bermuda dan mereka mengatakan melihat cahaya berkilauan di langit.

Ada juga yang  mengatakan bahwa mereka melihat meteor saat melintasi tempat itu. Anehnya, seluruh peralatan navigasi tidak berfungsi di tempat itu. Sejak saat itu mulai muncul berbagai berita bahwa banyak kapal maupun pesawat yang hilang secara misterius saat melintasi wilayah tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa kawasan tersebut memiliki kandungan gas metana kuat, sering terjadi gempa laut yang berbahaya, tempat pusaran air, lorong waktu sampai yang tidak masuk akal banyak yang mempercayai jika Segitiga Bermuda adalah pangkalan U.F.O.

Baca Juga: Penuh Teka-Teki, Inilah 5 Tempat Paling Misterius Buatan Manusia

Belum ada yang bisa menjelaskan apa misteri dibalik Segitiga Bermuda. Namun beberapa ahli mengungkapkan bahwa Segitiga Bermuda sama seperti lautan lainnya.

Nah, berbicara soal Segitiga Bermuda, ternyata wilayah Indonesia juga memiliki kawasan seperti Segitiga Bermuda yang tak kalah misterius. Sama seperti Segituga Bermuda, kawasan ini juga kerap kali memakan korban lewat berbagai kecelakaan kapal.

Segitiga Masalembo

Segitiga Masalembo, Segitiga Bermuda-nya Indonesia yang Tak Kalah Misterius

Sebuah kecamatan di Jawa Timur yang terdiri dari tiga pulau yakni Masalembu, Masakambing, dan Kramian menjadi perbincangan setelah terjadi peristiwa kecelakaan kapal besar pada tahun 1981. Kapal Tampomas II terbakar dan tenggelam saat melewati kawasan tersebut.

Setelah tenggelamnya kapal Tampomas II, banyak peristiwa kecelakaan lain yang terjadi di kawasan tersebut. Sejak tahun 2006-2009 tercatat sudah ada enam kecelakaan laut di Masalembu. Tak sampai di situ, peristiwa kecelakaan juga terjadi di tahun 2017 sampai tahun 2019 ini.

Misteri Segitiga Masalembo

Segitiga Masalembo, Segitiga Bermuda-nya Indonesia yang Tak Kalah Misterius

Masyarakat setempat yang tinggal di dekat Masalembu percaya bahwa Masalembu adalah kawasan yang ditinggali oleh Ratu Malaka. Ada juga yang percaya bahwa tempat itu merupakan kerajaan gaib yang dihuni oleh makhluk-makhluk tak kasat mata.

Baca Juga: 4 Misteri yang Disimpan Indonesia Ini Masih Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Karena kepercayaan inilah, masyarakat menyarankan agar nelayan atau penumpang yang melewati perairan ini harus meminta izin terlebih dahulu. Jika tidak, maka nyawa manusia yang jadi taruhannya.

Meski banyak cerita menyeramkan seputar Masalembu yang berkaitan dengan hal-hal gaib, para ahli mengungkapkan jangan terlalu percaya dengan mitos-mitos tersebut.

Laut Masalembu memang memiliki arus yang sangat kuat. Belum lagi ombak yang begitu besar bisa membuat perjalanan melewati laut ini menjadi lebih mendebarkan.

Arus kuat di Masalembu adalah akibat adanya pertemuan dua arus yang berbeda. Arus pertama berasal dari barat dan memanjang ke arah Laut Jawa, sedangkan arus kedua berasal dari Selat Makasar.

Pertemuan dua arus ini membuat arus dan ombak di perairan Masalembu menjadi sangat kuat. Jika ditambah hujan deras, ombak akan semakin kuat dan bisa membuat kapal terguncang.

Itulah salah satu alasan kenapa banyak kecelakaan terjadi di wilayah Segitiga Masalembo. Penamaan Segitiga Masalembo ini sebenarnya berawal dari bayangan masyarakat pada wilayah perairan yang menghubungkan Pulau Bawean, Kota Majenedan sejumlah kepulauan sekitar Laut Jawa termasuk Masalembu.

To Top