Infomen

Memegang Struk ATM dan Struk Belanja Berbahaya Bagi Kesehatan?

Memegang Struk ATM dan Struk Belanja Berbahaya Bagi Kesehatan?

Struk ATM dan struk belanja biasanya kita dapatkan setelah bertransaksi. Beberapa orang mungkin akan mengabaikan struk ATM atau struk belanja. Tapi masih banyak orang yang menyimpan struk-struk tersebut setelah bertransaksi.

Struk ATM, struk berlanja, maupun struk di tempat parkir memang menjadi hal yang hampir kita lihat dan kita pegang setiap hari. Fungsi dari struk-struk ini sebenarnya baik. Dan bukan hal yang bisa dipungkiri jika keberadaan struk-struk ini sangat penting untuk berbagai alasan.

Tapi, tahukan kamu jika struk ATM sangatlah berbahaya bagi tubuh?

Biasanya setelah mengambil struk, kita akan menyimpannya di tas atau dompet. Ada juga yang terbiasa meremas-remasnya kemudian dimasukan ke dalam tempat sampah yang disediakan.

Bahan yang digunakan untuk membuat struk ternyata merupakan bahan termal berbahaya yang mampu menyebabkan kanker. Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh para ahli yang bergerak dalam pemeliharaan lingkungan hidup di Amerika Serikat.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Amerika Serikat ini menyatakan bahwa jika manusia menyentuh setidaknya 10 detik kertas struk yang mengandung 2.5 mikrogram BPA, maka kita akan terpapar bahan bersifat karsinogenik. Bahkan bahaya dari kertas struk ini akan meningkat sampai 1.5 kali lipat jika kita meremasnya.

Untuk mencegah terpaparnya tubuh karena kertas struk, kamu bisa mencoba untuk tidak mengeluarkan kertas struk dari mesin ATM, atau segera membuangnya tanpa harus diremas.

Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah memegang struk belanja atau struk ATM. Hindari penggunaan hand sanitizer setelah memegang kertas struk karena dapat meningkatkan penyerapan BPA kimia yang dapat merusak hormon tubuh.

Zat BPA kimia berbahaya sangat berbahaya bagi tubuh. Misalnya merusak saluran pencernaan jika tertelan, menurukan kekebalan tubuh hingga menyababkan kanker.

To Top