Infomen

Ketika Bendera Hanoman Dikibarkan di Menara Masjid Usai Kerusuhan di India

Ketika Bendera Hanoman Dikibarkan di Menara Masjid Usai Kerusuhan di India

Kerusuhan antara umat Hindu dan Islam terjadi di New Delhi, India dan sejauh ini sudah menewaskan lebih dari 34 orang dan ratusan lainnya terluka. Bentrokan terjadi lantaran umat Islam tak setuju dengan UU Kewarganegaraan baru yang dianggap anti-Islam.

Dari ratusan korban terluka, kebanyakan korban adalah umat Islam sebagai minoritas di India. Dalam bentrokan tersebut, beberapa warga Hindu menjadikan masjid sebagai sasaran amarah mereka.

Dalam salah satu tayangan video yang diunggah ke Twitter memperlihatkan sekelompok orang merusak masjid di Ashok Nagar dengan brutal. Beberapa orang tersebut bahkan sampai mengibarkan bendera Hanoman di menara masjid.

Hanoman sendiri merupakan salah satu dewa dalam ajaran agama Hindu. Dikibarkannya bendera Hanoman di menara masjid dianggap sebagai penghinaan besar terhadap umat Muslim di seluruh dunia.

Banyak warganet yang mengecam aksi tersebut dan tagar #ShameOnYouIndia pun sempat trending di Twitter. Warganet manganggap kalau aksi tersebut adalah tindakan teroris yang sebenarnya.

Tak hanya masjid yang jadi sasaran amukan orang Hindu, dalam video yang lain memperlihatkan beberapa warga Muslim tampak sedang dianiaya oleh sekelompok orang sampai babak belur, dan bahkan ada yang sampai tewas.

Diketahui kalau UU Kewarganegaraan baru dianggap sangat diskriminatif terhadap kaum minoritas Muslim di India. Di dalamnya ada pasal yang menerima pendatang dari negara konflik di sekitar India dan bisa menjadi warga negara kecuali orang Muslim.

Karena pasal tersebut, warga Muslim di India menganggap UU tersebut sangat anti-Islam. Dari sinilah awal mula bentrok antara umat Hindu dan Islam terjadi.

To Top