Infomen

Kenapa Bunuh Diri Jadi Hal Biasa di Korea?

Kenapa Bunuh Diri Jadi Hal Biasa di Korea?

Jika kamu sering meilihat drama Korea atau reaity show Korea, tentu saja hanya hal-hal menarik dan romantis yang ditayangkan. Padahal dalam kenyataannya ada sisi gelap yang mungkin banyak orang lain tidak tahu bagaimana kehidupan mereka.

Sepanjang tahun 2019 ini setidaknya ada empat artis Korea terkenal yang memilih mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Alasan mereka untuk mengakhiri hidupnya kebanyakan karena mengalami depresi berat dan merasa kesepian. Banyak orang yang menganggap enteng depresi, padahal depresi bukanlah masalah sepele.

Lalu kenapa bunuh diri menjadi hal yang sangat biasa di Korea?

Kenapa Bunuh Diri Jadi Hal Biasa di Korea?

Bunuh diri bukan hanya dilakukan oleh artis-artis terkenal. Bunuh diri juga bisa dilakukan oleh masyarakat biasa. Standar pendidikan Korea yang tinggi mengakibatkan banyak orang muda mengalami depresi.

Persaingan yang ketat membuat anak-anak muda harus rela belajar hingga malam. Setelah sekolah, mereka harus mengikuti les hingga tengah malam.

Baca Juga: Kenapa Seseorang Mau Melakukan Bom Bunuh Diri? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Tekanan yang berat membuat banyak orang muda memilih menyerah. Selain persaingan yang ketat, bullying di sekolah Korea juga masih belum bisa diatasi.

Hal ini bahkan sempat digambarkan dalam drama maupun film Korea. Bulllying bukan hanya ada dalam drama, namun benar-benar ada dalam kehidupan nyata.

Biasanya tindak bullying dilakukukan kepada mereka yang memiliki tingkat ekonomi bawah  atau mereka yang tidak memiliki penampilan menarik. Bullying ini bukan hanya melalui kata-kata kasar atau perbuatan, namun juga disampaikan di media sosial.

Bully karena alasan fisik membuat orang-orang terobsesi dengan penampilan. Meski berbagai tindakan dilakukan, masih banyak kasus bunuh diri yang terjadi di Korea.

Setiap tahunnya selalu ada kasus bunuh diri baru di Korea tak terkecuali dari kalangan artis. Tekanan dari penggemar dan agensi membuat para idola ini mengalami depresi berat. Para idola harus terlihat sempurna dan baik-baik saja di depan penggemar.

Mereka harus menyembunyikan rasa kesepian, lelah, marah, atau jenuh. Bukan hanya itu, beberapa fans fanatik juga tidak mengizinkan idolanya memiliki kekasih. Inilah sebabnya idola Korea akan berusaha untuk menutupi hubungan asmaranya.

Meski seorang idola terkenal, para idola Korea tidak luput dari komentar jahat netizen. Beberapa kasus bunuh diri artis Korea dikabarkan akibat dari komentar jahat netizen.

Kesehatan mental setiap orang memang berbeda-beda. Terkadang mereka yang mengalami depresi hanya butuh pendengar yang baik. Mereka tidak minta diberi nasihat.

Jadi jika kamu mengetahui seseorang di sekitarmu tengah mengalami depresi, jadilah pendengar yang baik. Jika ia membutuhkan bantuan profesional, kamu bisa mengajaknya baik-baik untuk menemui profesional.

Nah, sedangkan untuk kamu yang kini tengah mengalami masa sulit, percayalah segala masalah pasti ada solusinya. Ceritakan jika memang kamu butuh seseorang untuk mendengarkan. Jika kamu merasa lelah, beristirahatlah, bukan menyerah.

To Top