in

Kartu Nikah Bakal Gantikan Buku Nikah, Jomblo Kapan Punya?

Kartu Nikah Bakal Gantikan Buku Nikah, Jomblo Kapan Punya? 1

Udah tahu belum kalau sekarang buku nikah akan segera digantikan sama kartu nikah seukuran kartu ATM? Siap-siap aja deh, tak akan lama lagi Kementerian Agama (Kemenag) akan segera menerbitkan kartu nikah yang fungsinya sama saja seperti buku nikah, tapi lebih canggih dan simpel. Sayngnya, yang masih jomblo belum bisa dapat kartu nikah, kapan nih punya?

Kemenag menargetkan pada akhir tahun ini 1 juta kartu nikah akan segera dimiliki pengantin baru. Tak hanya pengantin baru, pasangan yang sudah menikah sejak lama juga bisa menyusul mendapatkan kartu nikah asalkan datanya sudah ada.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, seperti dilansir Jawa Pos (11/11), dengan adanya kartu nikah, pasangan suami istri tidak perlu repot-repot lagi bawa buku nikah, terutama untuk menginap di suatu tempat yang mengharuskan membawa buku nikah.

Ukurannya seperti ATM atau KTP dan memiliki QR Barcode.

Kartu Nikah Bakal Gantikan Buku Nikah, Jomblo Kapan Punya? 2

Kartu nikah ini akan didesain seukuran kartu ATM atau KTP. Sehingga mudah dimasukan ke dalam saku agar bisa dibawa kemana saja.

Dalam gambar yang berdar di internet, kartu nikah tersebut tampak memiliki QR Barcode, yang tampaknya memiliki fungsi untuk menampilkan data ketika di-scan. Jadi nantinya, data kamu dan pasangan akan tampil di layar komputer tanpa harus ribet memeriksa buku nikah.

Rencananya, kartu nikah akan diterbitkan pertama kali pada November 2018. Meskipun pengantin baru akan mendapatkan kartu nikah, tapi untuk saat ini mereka juga tetap akan mendapatkan buku nikah.

Yang sudah nikah juga sudah bisa mulai mengajukan pembuatan kartu nikah. Sayangnya yang jomblo masih belum bisa karena belum memiliki pasangan.

Loading...