Infomen

Kapan Virus Corona Berakhir dan Kehidupan Bisa Normal Kembali?

Kapan Virus Corona Berakhir dan Kehidupan Bisa Normal Kembali?

Setelah WHO menyatakan virus Corona sebagai masalah pendemi global, dunia seakan ketakutan menghadapi Corona. Beberapa negara bahkan sudah melakukan lockdown dan melarang warganya beraktivitas di luar rumah.

Kita semua seakan ketakutan untuk ke luar rumah, berinteraksi dengan orang lain pun terasa menakutkan. Akibat virus ini, kehidupan yang biasa kita jalani jadi seperti tidak normal. Dampak terhadap ekonomi pun sangat besar, yang menyebabkan beberapa kebutuhan pokok jadi mahal.

Semuanya pasti bertanya-tanya kapan COVID-19 berakhir dan kehidupan bisa normal kembali? Menurut simulasi yang dilakukan oleh peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB), penyebaran virus Corona diprediksi berakhir pada pertengahan April 2020.

Berdasarkan hasil penelitian seperti dilansir CNN, Minggu (22/3/2020), Indonesia akan mengalami puncak pada akhir Maret 2020 dan berakhir pada pertengahan April nanti.

Penelitian ini dilakukan oleh Nuning Nuraini, selaku tim peneliti pada Pusat Pemodelna Matematika dan Simulasi (P2MS) ITB. Simulasi ini ditulis dengan judul Data dan Simulasi COVID-19 dipandang dari Pendekatan Model Matematika.

Nuning dengan tim membangun model representasi jumlah kasus COVID-19 dengan menggunakan model Richard’s Curve karena sesuai dengan kajian Kelompok Pemodelan Tahun 2009 yang dibimbing oleh Kuntjoro A Sidarto.

Model tersebut terbukti memprediksi awal dan akhir serta puncak pendemi dari penyakit SARS di Hong Kong pada tahun 2003 silam. Model Richard’s Curve ini kemudian diuji pada kasus COVID-19 yang terlapor dari beberapa negara.

Secara matematik, ditemukan bahwa model Richard’s Curve Korea Selatan adalah yang paling cocok ketimbang data dari Indonesia sendiri. Menurut data yang ada, diprediksi kalau puncak pendemi ini akan terjadi pada akhir Maret 2020 dan berakhir pada pertengahan April 2020.

Sementara ini, jumlah pasien Corona akan terus bertambah dari hari ke hari berdasarkan data yang ada di Indonesia. Untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah pandai penjaga diri dan perhatikan kondisi kesehatan tubuh.

Jangan lupa juga berdoa agar wabah ini segera berakhir yah dan kehidupan bisa kembali berjalan normal seperti sedia kala.

To Top