Infomen

4 Hal Menakjubkan yang Mungkin Terjadi Jika Ujian Nasional Dihapus

4 Hal Menakjubkan yang Mungkin Terjadi Jika Ujian Nasional Dihapus

Akhir-akhir ini sedang ramai pemberitaan ujian nasional (UN) akan segera dihapus oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim. Rencana penghapusan UN dilatarbelakangi karena beberapa alasan, salah satunya karena dianggap membebani siswa.

Jika kita pikir-pikir, UN itu kenyataannya memang membebani siswa. Sebab masih banyak siswa yang beranggapan kalau nilai ujian itu bisa jadi tolak ukur keberhasilan nanti. Oleh karena itu kebanyakan siswa akan berlomba-lomba meraih nilai sebesar-besarnya

Padahal kenyataannya, nilai tidak bisa jadi tolak ukur keberhasilan di masa depan. Nilai juga tidak bisa dijadikan tolak ukur prestasi. Apa yang akan membuatmu berhasil kelak di masa mendatang bukan nilai, tapi kerja keras kegigihan, pantang menyerah, inovasi dan kreatif.

Jika seandainya UN benar-benar dihapus, mungkin empat hal menakjubkan ini akan terjadi. Sistem pendidikan Indonesia akan berubah drastis ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: 10 Cuitan Lucu “Inget Waktu Sekolah” Ini Bikin Ngakak, Gak Kebalik Tuh?

1. Siswa tidak akan lagi menjadikan nilai sebagai tolak ukur

4 Hal Menakjubkan yang Mungkin Terjadi Jika Ujian Nasional Dihapus

Salah satu kelemaham dalam sistem pendidikan Indonesia yaitu menjadikan nilai sebagai tolak ukur. Nilai adalah segalanya, nilai yang menentukan dan nilai bisa jadi kebanggaan. Padahal apa yang bisa dilakukan nilai, tetap saja di kehidupan nyata nanti, yang dituntut itu bukan nilai, tapi kemampuan.

Percuma nilai bagus, tapi skill nol besar, kamu tidak akan bisa apa-apa. Tidak akan ada perusahaan yang membutuhkanmu, kamu juga tidak bisa menciptakan usaha sendiri jika tidak punya modal skill dan tekad.

Adanya UN membuat siswa berpikir kalau nilai adalah segalanya. Nah kalau UN dihapuskan, mudah-mudahan saja siswa berpikir kalau nilai itu bukan nomor satu, tapi skill yang nomor satu.

2. Lebih fokus pada pengembangan diri

4 Hal Menakjubkan yang Mungkin Terjadi Jika Ujian Nasional Dihapus

Selama ini pendidikan Indonesia hanya fokus menempa siswa agar mendapatkan nila yang bagus, tapi melupakan sesuatu yang penting, yaitu pengembangan diri.

Pengembangan diri bisa disebut sebagai proses pengembangan kemampuan siswa atau soft skill. Setelah UN dihapuskan, diharapkan siswa akan lebih fokus untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya, bukan fokus mempelajari semua mata pelajaran yang ada.

Misalkan seorang siswa punya bakat dibidang musik, maka fokus belajar utamanya ke musim. Terus ada yang bakatnya programing, maka fokusnya belajar program. Bukan dituntut harus bisa semua pelajaran atau jam sekolah sampai sore, kan otak manusia itu ada kapasitasnya.

Fokus saja pada pengembangan diri dan bakatmu. Karena itu yang mungkin bisa membuatmu sukses kelak.

Baca Juga: 5 Fakta Mengerikan Sistem Pendidikan Korea, Bikin Siswa Bunuh Diri!

3. Sekolah akan jauh lebih menyenangkan

4 Hal Menakjubkan yang Mungkin Terjadi Jika Ujian Nasional Dihapus

Kebanyakan siswa malas sekolah itu karena malas terlalu banyak berpikir pas di sekolah. Bayangkan berjam-jam harus berpikir, apalagi sistem full day ini membuat siswa makin stres. Kalau stres, mana bisa berkreasi?

Dengan dihapuskannya UN, kemungkinan besar sekolah akan jauh lebih menyenangkan karena siswa tidak akan terbebani lagi oleh nilai. Dengan begitu siswa akan lebih fokus pada pengembangan bakatnya. Jika siswa belajar di bidang yang tepat, dia cenderung akan enjoy mengerjakannya.

4. Tidak akan ada lagi pembeda antara si pintar dan si bodoh

4 Hal Menakjubkan yang Mungkin Terjadi Jika Ujian Nasional Dihapus

Adanya sistem nilai membuat perbedaan antara si pintar dan si bodoh. Padahal belum tentu di masa mendatang si pintar bakalan sukses. Kenyataannya banyak yang dulunya bodoh secara akademik, tapi dia jadi sosok pengusaha sukses, dan yang pintar itu jadi bawahannya.

Pintar akademik itu tidak menjamin apapun, yang menjamin itu cerdas menilai situasi kondisi, kemudian berani action, miliki sikap pekerja keras dan jangan pernah menyerah.

Dihapuskannya UN diharapkan bisa menghapus stigma perbedaan antara si pintar dan si kaya. Kita semua sama, memiliki potensi sama, yang membedakan itu kemauan dan tekad yang kuat.

Bagaimana menurutmu, apakah kamu setuju UN dihapus?

To Top