Infomen

Jaga Toleransi, Masjid di Abu Dhabi Ganti Nama Jadi ‘Maria Bunda Yesus’

Jaga Toleransi, Masjid di Abu Dhabi Ganti Nama Jadi 'Maria Bunda Yesus'

Abu Dhabi adalah kota terbesar kedua di Uni Emirat Arab. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya Islam, Abu Dhabi tentunya punya banyak masjid-masjid cantik dengan arsitektur yang menakjubakn.

Salah satunya adalah masjid bernama Mohammed Bin Zayed Mosque ini. Masjid tersebut akhir-akhir ini menyita perhatian media namanya diubah jadi ‘Maria Bunda Yesus’ dengan alasan untuk menjaga toleransi.

Meski mayoritas penduduk Abu Dhabi beragama Islam, tingkat toleransi antar umat beragama di sana sangatlah tinggi. Menjaga toleransi adalah hal yang sangat penting bagi penduduk Abu Dhabi.

Baca Juga: Gedung-Gedung Tinggi di Dubai Tanda Kiamat Sudah Dekat

HH Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi, memutuskan untuk mengganti nama masjid Mohammed Bin Zayed Mosque jadi ‘Mariam Umm Eisa’ yang artinya ‘Maria Bunda Yesus’.

Masjid tersebut terbilang sangat megah dan banyak sekali pengunjung yang datang ke masjid ini untuk beribadah. Tak hanya umat Muslim, penganut agama lain juga banyak yang mengunjungi masjid ini.

Demi menjaga toleransi, masjid ini ganti nama

Jaga Toleransi, Masjid di Abu Dhabi Ganti Nama Jadi 'Maria Bunda Yesus'

Melihat banyaknya kunjungan umat agama lain ke masjid ini, Putra Mahkota pun memutuskan untuk mengganti namanya demi menjaga toleransi.

Nama Mariam Umm Eisa diberikan untuk mempererat hubungan sosial antara umat Muslim dengan umat Kristen.

Baca Juga: 7 Hal Menarik Tentang Masjid Kubah Emas Peninggalan Dian Al Mahri

Dalam Al-Quran, nama Maryam disebut beberapa kali, terutama dalam Surat Maryam. Umm Eisa sendiri merujuk pada Siti Maryam, yang tak lain adalah ibunda Nabi Isa. Sementara dalam ajaran Nasrani, Yesus diyakini sebagai Nabi Isa.

Keputusan penggantian nama masjid tersebut menuai pujian dari gereja-gereja Kristen di Abu Dhabi. Hal ini juga bertujuan untuk memerangi rasisme, kefanatikan, terorisme dan demi menjaga perdamaian.

Perlu diketahui, masjid Mohammed Bin Zayed Mosque berbeda dengan Masjid Sheikh Zayed yang jauh lebih luas dan lebih megah lagi.

Loading...
Loading...
To Top