in

Instagram dan WhatsApp Down di Indonesia Ternyata Diblokir Oleh Pemerintah

Instagram dan WhatsApp Down di Indonesia Ternyata Diblokir Oleh Pemerintah 1

Aplikasi Instagram dan WhatsApp tidak bisa diakses oleh pengguna Indonesia karena down. Tagar #instagramdown #whatsappdown pun jadi trending topic di Twitter.

Awalnya banyak yang mengira kalau server Instagram dan WhatsApp mengalami gangguan, tapi rupanya bukan servernya yang gangguan.

Pembatasan akses WhatsApp dan Instagram di Indonesia ternyata diblokir sementara waktu oleh pemerintah dengan tujuan menghindari hoax dan berita bohong.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (22/5), Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan pemerintah untuk sementara waktu ini membatasi akses ke media sosial untuk menghindari berita hoax.

“Sementara untuk hindari provokasi, kita melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan,” jelas Wiranto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/5).

“Akses di media sosial tidak diaktifkan untuk mencegah itu tadi, hal negatif yang bisa berdampak kepada masyarakat,” tambahnya.

Dari penjelasan itu, dapat dipastikan kalau akses WhatsApp dan Instagram tidak bisa diakses karena diblokir sementara oleh pemerintah.

Namun Facebook dan Twitter tidak mengalami down dan masih bisa di akses. Menurut beberapa pengguna Twitter, pemblokiran media sosial oleh pemerintah ini erat kaitannya dengan aksi 22 Mei.

Loading...
Loading...