in

Inilah Salat Tarawih Terlama di Indonesia, 8 Jam Dengan Bacaan 30 Juz Al-Quran

Salat tarawih terlama

Salat tarawih umumnya dilaksanakan sebanyak 23 rakaat atau 11 rakaat dan biasanya hanya memakan waktu satu jam setengah atau dua jam saja. Lalu bagaimana jika salat tarawih ada yang memakan waktu sampai 8 jam?

Jika di Blitar ada salat tarawih super cepat yang hanya berlangsung selama kurang dari 10 menit, maka berbeda dengan salat tarawih di Desa Temboro, Magetan, Jawa Timur, di mana salat tarawihnya dilaksanakan selama 8 jam dengan bacaan hinga 30 juz Al-Quran.

Salat tarawih yang dilaksanakan di Masjid Agung Al-Fatah yang terletak di Pondok Pesantren Al Fatah, di Desa Temboro itu bisa disebut sebagai salat tarawih terlama di Indonesia. Bagaimana tidak, satu kali tarawih bisa menghabiskan waktu sampai 8 jam lamanya.

Seperti dilansir dari Liputan6, pengurus pesantren Zaenal Abidin mengatakan bahwa salat tarawih di Masjid Al-Fatah jumlah rakaatnya sama dengan di masjid lainnya, yaitu 20 rakaat dan tiga rakaat salat witir. Perbedaannya di masjid ini menyelesaikan seluruh bacaan Al-Quran dalam satu kali salat tarawih.

Baca Juga: Di Kota Ini, Sholat Tarawih Berlangsung Sampai Sahur

Sebanyak 30 juz Al-Quran akan dibagi menjadi 20 rakaat, jadi satu rakaat rata-rata membaca 1 juz Al-Quran. Karena membaca seluruh Al-Quran, tentu waktu yang diperlukan pun sangat lama.

Salat tarawih di masjid ini dimulai sehabis salat Isya atau sekitar pukul 19.00 WIB dan selesai keesokan harinya sekitar pukul 03.00 WIB, bertepatan dengan waktu sahur.

Menariknya lagi, imam salat pun ada empat orang sehingga selama 20 rakaat ada pergantian imam. Peserta salat tarawih kebanyakan adalah santri, pengurus dan penghafal Al-Quran di pesantren tersebut.

Walaupun salat tarawih ini dibuka untuk umum, tapi sangat jarang ada warga yang mau ikut salat tarawih di masjid ini karena durasinya yang terlalu lama.

Yah boro-boro 8 jam, 1 jam saja udah malas!

Loading...
Loading...