Infomen

Miris, Honorer Jakarta Disuruh Masuk Selokan Untuk Perpanjang Kontrak

Miris, Honorer Jakarta Disuruh Masuk Selokan Untuk Perpanjang Kontrak

Honorer K2 dan non K2 di DKI Jakarta mendapat perlakuan tak manusiawi dalam rangka memperpanjang masa kontrak kerjanya.

Diketahui para honorer harus menjalani tes akhir tahun sebagai syarat diperpanjang masa kontraknya. Yang bikin heboh bukan soal kontraknya, tapi tes yang dilakukan para honorer tersebut yang dianggap terlalu berlebihan.

Seperti dilansir dari akun Instagram @makassar_iinfo, sebelum melakukan tes tulis yang digelar 11 Desember lalu, para honorer disuruh masuk ke dalam selokan yang airnya kotor hitam pekat.

Aksi tak manusiawi ini sempat terekam kamera dan beredar luas di media sosial. Dalam video tersebut terlihat perempuan dan laki-laki yang umurnya sudah dewasa diminta berendam dalam selokan yang airnya berwarna hitam pekat.

Mereka disuruh berdiri berjejer sambil saling pijat satu sama lain. Dilihat dari video tersebut, ketinggian air selokan mencapai dada peserta.

Terlihat juga beberapa pria berseragam PNS sedang berdiri di pinggir selokan. Mereka tampaknya yang memimpin ujian ini dan memberikan instruksi ke para peserta.

Tak hanya itu, ada juga peserta yang disuruh membersihkan selokan yang tampaknya tidak dalam. Ujian ini dianggap sangat tidak manusiawi dan kelaur dari aturan.

Warganet juga banyak yang mengecam pihak bersangkutan yang telah mengizinkan tes semacam ini kepada para honorer.

Berikut cuplikan videonya:

View this post on Instagram

Perlakuan tidak manusiawi dialami honorer K2 dan non-K2 di DKI Jakarta yang akan memperpanjang masa kontrak kerjanya. . Diketahui, para honorer di lingkup Pemprov DKI Jakarta harus menjalani tes di akhir tahun, sebagai syarat diperpanjang kontraknya di tahun berikutnya. . Sebelum melakukan tes tertulis yang rencananya digelar 11 Desember, para honorer ini disuruh masuk ke dalam got yang airnya kotor. . Aksi ini terekam dalam video dan beredar luas. Para pekerja ini baik perempuan maupun laki-laki yang rerata usianya tidak muda lagi diminta berendam dalam air selokan berwarna hitam. . Lantas mereka disuruh berdiri berjejer, saling pijat pundak. Dari tayangan video yang beredar, air warna hitam itu ketinggiannya rata-rata sedada peserta tes. . Selokan yang dipakai untuk “tes lapangan” ini letaknya di pinggir jalan raya. Saat para peserta tes berada di selokan, tampak setidaknya empat pria berseragam PNS berdiri di pinggir selokan. Mereka yang memberikan instruksi ke peserta tes. . Ada juga foto yang beredar, para honorer K2 disuruh membersihkan selokan, yang tampak tidak dalam. "Sangat tidak manusiawi. Apalagi lihat gaya pejabatnya ini sok berkuasa," kata Koordinator Wilayah Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) DKI Jakarta Nur Baitih kepada JPNN.com, Selasa (10/12). Tes Perpanjangan Kontrak, Honorer K2 DKI Jakarta Disuruh Masuk Selokan, Heboh! . Dia mengaku kaget menerima laporan dari anggotanya yang ikut tes lapangan (masuk got). Begitu melihat videonya, Nur mengaku hatinya berontak. Kenapa model tes dilakukan sangat tidak manusiawi. "Itu saya dapat laporan dari teman-teman honorer K2 di Keluharan Jelambar tetapi rerata Jakarta Barat tesnya masuk got semua,” cetus Nur Baitih. . “Padahal yang ikut tes itu ada petugas komputer. Jadi bukan semuanya pasukan orange," ucapnya. Mereka, lanjut Nur, memang butuh pekerjaan. Mereka ingin pekerjaan yang layak tetapi tidak seperti ini caranya. . Perlakuan yang tidak manusiawi ini dipertontonkan oleh pejabat dan secara tidak langsung ini juga menjelekkan nama baik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. . Artikel : Jambiekspres.co.id

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

To Top