Infomen

Hati-Hati, Virus Corona China Bisa Menyebar Melalui Kontak Mata

Hati-Hati, Virus Corona China Bisa Menyebar Melalui Kontak Mata

Virus Corona yang mulai menyebar di kota Wuhan, China saat ini terus menyebar luas, bahkan sampai outbreak ke negara-negara lain. Sampai saat ini, virus yang mirip SARS ini telah menewaskan sekitar 26 orang di China dan telah menginfeksi ribuan orang di seluruh dunia.

Menurut seorang pakar medis asal China meyakini kalau virus corona tak hanya menyebar melalui bersin atau batuk, tapi juga bisa menyebar melalui kontak mata.

Wang Guangfa, pakar medis dari Rumah Sakit Pertama Universitas Peking Beijing, mengaku sudah terinfeksi virus corona tapi saat ini sudah sembuh.

Wang terkena virus ini saat mengunjungi Wuhan dua pekan lalu. Dia meyakini terkena virus ini melalui penularan di mata.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Virus Corona China

Dia menegaskan sudah memakai masker dan pakaian pelindung namun dirinya tetap tertular virus tersebut. Karena hal ini Wang yakin kalau dirinya bisa terinfeksi virus melalui kontak mata.

Usai pulang dari Wuhan dan kembali ke Beijing, Wang mengatakan kalau ia mulai menderita konjungtivis di bagian mata kirinya. Kemudian mulai menderita demam dan radang selaput lendir yang parah.

Lalu Wang memberikan asumsi bahwa virus corona bisa menyebar melalui kontak mata meskipun tidak jelas bagaimana proses penularannya.

Meskipun demikian, belum dapat dipastikan kalau virus corona mampu menyebar melalui kontak mata. Namun yang pasti, virus ini dapat menyebar melalui bersin dan batuk.

Sumber: Kompas

To Top