in

Di Negara Ini, Penduduk Muslim Harus Puasa Selama 23 Jam 5 Menit

Muslim Finlandia puasa selama 24 jam

Di Indonesia, waktu puasa relatif sama dari tahun ke tahun, yaitu kurang lebih 13 jam setiap harinya. Walau hanya 13 jam, sudah kerasa bukan beratnya menahan lapar dan haus sampai waktu berbuka tiba.

Namun bagaimana jadinya jika waktu puasanya bukan 13 jam, melainkan 23 jam? Kalau waktu pausanya selama itu, pasti bakalan banyak yang gak kuat deh, akhirnya milih godin saja di warteg terdekat.

Waktu puasa selama itu memang benar-benar ada, tapi untungnya bukan di Indonesia melainkan di Finlandia. Di negara ini, penduduk muslim terkadang harus berpuasa selama hampir 24 jam penuh dalam sehari.

Baca Juga: 5 Negara dengan Waktu Puasa Terlama

Finlandia disebut negeri tanpa matahari terbenam. Disebut demikian, selama beberapa minggu setiap tahunnya, Finlandia mengalami fenomena di mana matahari terbit pada tengah malam.

Puasa selama hampir 24 jam penuh.

Penduduk muslim Finlandia puasa selaam 24 jam
Foto: muslimobsession.com

Pada tahun 2015 lalu, fenomena matahari terbit di tengah malam itu bertepatan dengan bulan Ramadhan. Penduduk muslim di sana harus berpuasa nyaris 24 jam penuh dalam sehari.

Karena waktu puasa terlalu lama, keluarga ini terpaksa mengikuti waktu berpuasa di negara Islam terdekat. Pada saat itu, matahari sempat terbenam tapi hanya selama 55 menit saja.

Baca Juga: 5 Negara dengan Waktu Puasa Tercepat

Dalam kata lain, ketika mereka berbuka puasa, mereka akan langsung sahur pula. Waktu antara buka dan sahur jadi bersamaan.

Negara-negara di wilayah utara Bumi, seperti Finlandia memang memiliki waktu terbit dan terbenam yang jauh berbeda dengan Indonesia. Tak heran jika waktu pausa di sana sangat lama.

Walaupun begitu, umat Muslim di sana tetap semangat menjalankan ibadah puasa. Masa kamu baru enam jam saja sudah tidak kuat?

Loading...
Loading...