Infomen

Canggih, Pengemis Di China Terima Pembayaran Non-Tunai

Canggih, Pengemis Di China Terima Pembayaran Non-Tunai

Di mana-mana, kalau ngasih uang ke pengemis itu harus uang tunai. Tapi berkat kemajuan teknologi, sekarang ngasih uang ke pengemis bisa non-tunai atau pake uang digital. Canggih bukan?

Ya, itulah pemandangan yang bisa Anda temukan di China. Pengemis di China banyak yang menawarkan pembayaran secara non-tunai bagi orang-orang yang mengaku tidak punya uang tunai agar tetap bisa memberi.

Pemandangan tak biasa ini dialami sendiri oleh seorang pria bernama Fazil Irwan yang baru-baru ini sedang berada di Beijing. Dia kemudian membagikan kisahnya tersebut ke Facebook pada 27 November 2019 dan langsung viral.

Semua berawal ketika Irwan dan temannya sedang jalan-jalan untuk mencari tempat makan. Lalu ada seorang pengemis mendekati dirinya untuk minta uang.

Baca Juga: 5 Fakta Miris Di Balik Murahnya Mainan Buatan China

Teman Irwan memberitahu wanita tua itu bahwa dirinya tidak punya uang dengan niat menolaknya secara halus. Namun, pengemis itu bukannya pergi, dia malah mengeluarkan kartu dengan kode QR atau barcode untuk dipindai, sehingga uang bisa ditransfer.

Dalam kata lain, pengemis itu menerima pembayaran non-tunai dengan menggunakan uang digital. Cukup scan barcode pake aplikasi digital, nanti uang secara otomatis akan ditransfer ke pengemis itu.

Lebih mengejutkannya lagi, pengemis tersebut mengatakan kalau dirinya menerima bantuan dana melalui aplikasi WeChat yang populer di China. Hingga akhirnya teman Irwan pun memberikan uang kepada pengemis itu secara non-tunai.

Isu pengemis di China yang menerima pembayaran non-tunai sudah bukan rumor lagi. Menurut laporan yang beredar, sudah banyak pengemis di Negeri Tira Bambu itu yang menggunakan pembayaran non-tunai untuk meminta-minta uang.

Wow, pengemis juga tak mau ketinggalan zaman.

To Top