Infomen

Berapa Gaji Menteri dan Wakil Menteri Jokowi?

Berapa Gaji Menteri dan Wakil Menteri Jokowi?

Menteri dan Wakil Menteri yang dipilih Jokowi tentunya memiliki hak mendapatkan gaji, tunjangan dan fasilitas negara. Menteri dan wakil menteri memiliki nominal gaji dan tunjangan yang sedikit berbeda.

Lantas berapa gaji para menteri dan wakil menteri pilihan Jokowi yang akan membantu menjalankan roda pemerintahan untuk lima tahun ke depan? Simak ulasannya berikut ini.

Gaji menteri

Gaji dan tunjangan para menteri diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 68 tahun 2001. Sesuai aturan ini, menteri berhak mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 5.040.000 per bulan.

Namun menteri juga berhak mendapatkan tunjangan yang nilainya sebesar Rp 13.608.000 per bulan. Jadi dalam sebulan, para menteri Jokowi akan menerima penghasilan sebesar Rp 18.648.000 per bulan.

Nilai di atas belum termasuk dana taktis dan fasilitas. Menurut mantan pejabat, dana operasional, tunjangan kinerja, protokoler dan dana taktis menteri jumlahnya bervariasi, antara Rp 100 hingga Rp 150 juta. Untuk fasilitas, menteri berhak mendapatkan fasilitas rumah, kendaraan dinas dan kesehatan.

Baca Juga: Intip Yuk Gaji dan Tunjangan Anggota DPR per Bulan, Berapa Yah?

Gaji wakil menteri

Sama seperti menteri, wakil menteri pilihan Jokowi juga berhak mendapatkan gaji, tunjangan dan fasilitas. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 176/PMK.02/2015 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Wakil Menteri.

Besr gaji yang diterima wakil menteri yaitu sebesar 85 persen dari tunjangan jabatan menteri. Itu artinya, jika menteri per bulannya mendapatkan tunjangan Rp 13.608.000 per bulan, maka wakil menteri berhak mendapatkan tunjangan Rp 11,57 juta per bulan.

Ada pula tunjangan untuk wakil menteri yang bertugas pada Kementerian yang sudah mendapatkan Tunjangan Kinerja. Mereka berhak mendapatkan hak keuangan sebesar 135 persen dari tunjangan kinerja pejabat struktural eselon IA dengan peringkat jabatan tertinggi.

Selain itu, wakil menteri juga berhak mendapatkan fasilitas negara seperti mobil dinas, rumah jabatan dan jaminan kesehatan.

Sumber referensi: Liputan6, CNBC Indonesia
To Top