Infomen

Bahaya, Jangan Turunkan Maskermu ke Dagu !

Bahaya, Jangan Turunkan Maskermu ke Dagu !

Virus Covid-19 mewabah cukup lama hingga saat ini. Hingga saat ini Indonesia sendiri memasuki babak baru atau yang kita kenal sebagai New Normal. Banyak kegiatan yang mulai berjalan seperti dengan syarat mengikuti protokol yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menggunakan masker merupakan salah satu protokol penegahan tertular virus Covid-19. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa risiko terpapar virus Covid-19 hanya 0,5% apabila seseorang menggunakan masker dengan benar. Karena masker sangat ampuh menghindari penularan virus Covid-19 melalui mulut dan hidung.

Baca Juga : Bahaya Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur

Meskipun saat ini kebanyakan kita sudah menggunakan masker, tapi tidak sedikit juga yang belum paham dalam menggunakannya dengan benar. Sebagai contoh banyak yang menurunkan masker ke arah dagu. Biasanya hal ini dilakukan pada saat hendak makan, minum, atau saat berbicara supaya memudahkan komunikasi dengan orang lain.

Kebiasaan menurunkan masker ke arah dagu, bisa meningkatkan penyebaran virus Covid-19. Shan Soe Lin seorang dosen Yale Jackson Institute for Global Affairs, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa masker yang telah digunakan dan diletakkan pada dagu bisa meningkatkan penyebaran virus Covid-19 dengan dua cara.

Cara pertama adalah melalui hidung dan mulut, karena saat masker diturunkan pada dagu tidak ada lagi perlindungan di area tersebut.

Cara yang lain adalah masker yang sudah digunakan tersebut sudah kotor dihinggapi kuman dan bakteri akibat beraktivitas sehingga saat makser tersebut di dagu, kuman dan bakterinya mudah terhirup melalui hidung.

Oleh karena itu, Soe Lin menyarankan tidak meletakkan masker pada dagu demi alasan kesehatan. Alangkah lebih baik apabila masker tersebut langsung dilepas dari wajah dan langsung dibuang dan menggantikannya dengan masker baru agar lebih steril.

Baca Juga : 3 Bahaya yang Mengintai Jika Suka Tidur Dilantai, No 3 Paling Menyeramkan!

Bijaksanalah dalam menggunakan masker ya, jangan lupa ingatkan teman atau orang lain yang menurutmu masih salah dalam menggunakan masker. Supaya langkah menghindari penularan virus covid-19 berhasil dilakukan.

To Top