in

Aquaman yang Asli Ternyata Tinggal di Indonesia, Serius Nih?

Aquaman yang Asli Ternyata Tinggal di Indonesia, Serius Nih? 1

Film Aquaman baru saja rilis beberapa waktu lalu. Jason Momoa terpilih untuk memerankan karakter Aquaman, pahlawan super sang penguasa kerajaan bawah laut Atlantis. Dia memiliki kemampuan untuk bernapas dalam lautan dan mampu berenang dengan sangat cepat.

Tapi itu hanya ada dalam buku cerita dan film saja. Namun tahukah kalian kalau Aquaman yang asli ternyata ada di dunia nyata, bahkan tinggal di Indonesia lho?

Soal kemampuan Aquaman menyelam dalam waktu yang sangat lama dimiliki oleh salah satu suku di Indonesia, yakni Suku Bajau. Mereka tinggal di Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan.

Warga Suku Bajau disebut juga manusia laut karena mereka menghabiskan banyak waktu di lautan. Mereka biasanya tinggal di atas perahu kecil dan selalu berlayar untuk menangkap ikan.

Baca Juga: Unik, 5 Suku Ini Dianggap Memiliki ‘Kekuatan Super’

Mampu menyelam tanpa alat bantu

Aquaman yang Asli Ternyata Tinggal di Indonesia, Serius Nih? 2
Foto: DW Indonesia

Salah satu kemampuan spesial yang dimiliki Suku Bajau yaitu kemampuan menyelam mereka. Layaknya Aquaman, mereka mampu menyelam sampai kedalaman 70 meter tanpa alat bantu. Mereka bahkan bisa bertahan sampai 13 menit lamanya dalam laut.

Dalam sehari, mereka bisa menghabiskan 60 persen waktu mereka untuk menyelam. Tak ada kata dingin atau pusing bagi mereka ketika menyelam. Tubuh mereka seperti sudah menyatu dengan lautan.

Alasan Suku Bajau mampu menyelam dalam waktu lama

Aquaman yang Asli Ternyata Tinggal di Indonesia, Serius Nih? 3
Foto: National Geographic

Berdasarkan penelitian Melissa Iladro dari University of Copenhagen, menjelaskan kondisi fsiologi dan genetik Suku Bajau telah beradaptasi dengan kebiasaan menyelamnya.

Baca Juga: 7 Foto Meme Aquaman Ini Bikin Kamu Ngakak Sampai Sakit Perut

Ukuran limpa warga Suku Bajau jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran limpa manusia biasa. Suku Bajau memiliki ukuran limpa 50% lebih besar dibandingkan Suku Saluan di Sulawesi Selatan.

Semakin besar ukuran limpa, maka semakin banyak oksigen yang dilepaskan ke aliran darah. Sehingga mereka mampu menyelam dalam waktu yang cukup lama tanpa menggunakan alat bantu.

Uniknya, Suku Bajau ternyata berasal dari Kepulauan Sulu di Filipina Selatan. Di Indonesia, mereka tersebar di kawasan Indonesia Timur, salah satunya di Kalimantan.

Maka tak berlebihan bila Suku Bajau layak disebut sebagai Aquaman yang sebenarnya. Atau mungkin saja mereka adalah pewaris tahta Atlantis.

Loading...
Loading...