Infomen

3 Hoax Tentang Virus Corona dan Faktanya yang Harus Diketahui

3 Hoax Tentang Virus Corona dan Faktanya yang Harus Diketahui

Dunia tengah dibuat panik dengan menyebarnya virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China. Sejauh ini virus tersebut sudah menyebar ke beberapa negara seperti Thailand, Vietnam, Amerika dan bahkan Indonesia.

Karena sedang ramai diperbincangkan, otomatis bakalan banyak informasi yang tidak benar alias hoax mengenai virus corona. Agar tidak panik, berikut Wow Menariknya sudah merangkum daftar hoax virus corona beserta faktanya.

1. Virus corona lahir karena kebiasaan penduduk makan kelelawar

Mitos: Sejak pemberitaan virus corona sudah tersebar luas, banyak beredar di media sosial kalau virus tersebut lahir karena kebiasaan orang-orang China yang suka makan hewan-hewan eksotis.

Terutama kelelawar, banyak yang percaya virus corona lahir karena kebiasaan orang China suka makan kelelawar. Meskipun kemungkinan besar virus corona lahir dari hewan, tapi sampai sekarang belum ada bukti jelas kalau virus ini berasal dari kelelawar.

Fakta: 2019-novel coronavirus atau virus corona masih satu keluarga dengan MERS-CoV 2012 dan SARS-Cov 2002. Virus MERS pertama kali muncul di Arab pada tahun 2012 dan setidaknya menyebar ke 27 negara. Virus tersebut menginfeksi 2.494 orang dan menewaskan 858 orang. MERS sendiri diketahui berasal dari unta.

Sedangkan virus SARS pertama kali muncul di China pada tahun 2002. Virus ini menyebar ke 30 negara dan menginfeksi 8.000 orang lebih. Korban tewas akibat virus ini setidaknya mencapai 800 orang lebih. Kalau SARS berasal dari kelelawar.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Virus Corona China

2. Virus corona adalah permainan pemerintah China untuk mengendalikan ekonomi

Mitos: Virus ini pertama kali menyebar di Wuhan, China. Sejak saat itu mulai bermunculan spekulasi yang menyebutkan kalau virus ini sengaja dibuat pemerintah China untuk mengendalikan ekonomi.

Banyak yang beranggapan kalau China sudah memiliki vaksinnya. Pemerintahnya sengaja menyimpan vaksinnya dan membiarkan virus ini menyebar luas dulu. Setelah itu China akan menjual vaksinya dengan harga yang tinggi untuk meningkatkan perekonomiannya.

Fakta: Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Pemerintah China sekarang justu sedang berusaha membuat vaksin untuk membunuh virus corona. Tak hanya itu, pemerintah China bahkan membuat rumah sakit dadakan demi merawat pasien yang terinfeksi virus tersebut.

Penduduk Wuhan juga dilarang pergi ke luar kota dulu, pariwisata dihentikan untuk sementara, jadi mustahil jika pemerintah China punya niat jahat seperti itu.

3. Virus corona sudah menewaskan ratusan ribu orang

Mitos: Beredar berita kalau virus corona sudah menewaskan ratusan ribu orang dan menjangkit jutaan orang di seluruh dunia. Namun yang jelas, informasi ini hoax belaka.

Fakta: Sampai sejauh ini, tercatat baru ada 2.800 pasien yang terjangkit virus tersebut dan telah menewaskan sekitar 80 orang.

To Top