How To?

Tips Menabung Untuk Mewujudkan Resolusimu Di Tahun 2020

Tips Menabung Untuk Mewujudkan Resolusimu Di Tahun 2020

Apakah kamu punya resolusi di tahun 2020 ini? Pasti semuanya pada punya, ada yang ingin menikah, berharap segera dapat pasangan, ingin mulai buka usaha atau ada juga yang ingin beli mobil atau rumah.

Untuk mewujudkan semua itu tentu perlu kontrol keuangan yang baik dan benar. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menabung.

Tahun baru datang bersamaan dengan resolusi baru. Lalu bagaimana dengan resolusi finansialmu tahun ini?
Pastikan tahun ini kamu lebih bijak dalam manajemen keuanganmu.

Ubah kondisi finansial yang konsumtif menjadi pengeluaran yang lebih tertata atau terencana. Kamu juga bisa memulai menabung lebih disiplin tahun ini.

Untuk sebagian orang menabung memang sudah menjadi bagian dari kebiasaan, tetapi ada juga yang masih kesulitan untuk menabung. Penyebabnya pun bermacam-macam.

Menomor duakan menabung juga menjadi salah satu penyebabnya, banyak orang menabung setelah menghabiskan sebagian penghasilan untuk biaya komsumsi, rekreasi, dan kebutuhan rutin lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Menabung Untuk Milenial Agar Berhasil

Menabung dari sisa gaji tersebut sebenarnya kurang tepat. Akan lebih baik jika menyisihkan terlebih dahulu uang untuk menabung, kemudian sisanya untuk memenuhi kebutuhan rutinmu.

Untuk membantumu konsisten dalam menabung, kamu harus memiliki target finansial yang hendak kamu capai. Supaya selalu ada motivasi, sehingga menabung bukan lagi menjadi sebuah kewajiban melainkan kebutuhan.

Contoh target finansial misalnya tahun ini kamu ingin mengumpulkan modal untuk membuka usaha kecil-kecilan yang bisa menambah pemasukanmu di masa yang akan datang.

Kalau masih terasa sulit untuk menabung kamu bisa menggunakan jasa perbankan seperti autodebet atau tabungan berjangka.

Sementara untuk kamu yang sudah terbiasa menabung, kamu bisa memulai alternatif menabung lainnya seperti investasi dalam bentuk saham, reksa dana, properti, atau dengan membeli emas yang harganya di kemudian hari pasti naik.

Sudah saatnya kamu mulai menabung, dan jangan lagi menundanya. Ubahlah sifat konsumtifmu perlahan-perlahan namun secara konsisten.

Karena manfaat menabung akan berdampak baik untuk masa depanmu, dan merupakan resolusi fimansial yang bisa kamu coba di tahun 2020 ini.

To Top