How To?

Tips Agar Tetap Glowing Meski Pakai Masker

Tips Agar Tetap Glowing Meski Pakai Masker

Masker menjadi kebutuhan saat ini setelah pandemi yang berlangsung sejak awal tahun 2020. Menggunakan masker setiap hari saat beraktivitas di luar rumah tentu membuat risih. Selain rasa tidak nyaman karena bergesekan dengan wajah, masker juga bisa membuat wajah mengalami masalah seperti jerawat dan iritasi.

Meski masker dirasa kurang nyaman, kamu tetap wajib menggunakannya sebagai bentuk kepedulianmu terhadap diri sendiri dan orang lain. Untuk mencegah wajah bermasalah saat menggunakan masker, ada beberapa tips sederhana  yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

1.Gunakan makeup tipis

Meski menggunakan masker, mungkin kamu tetap ingin terlihat cantik dengan makeup. Menggunakan makeup seharian saat kamu memakai masker ternyata tak baik untuk kulit. Makeup akan bercampur dengan minyak dan panas dari wajah sehingga bisa menyebabkan jerawat dan komedo di beberapa bagian kulit.

Untuk menghindari masalah wajah akibat makeup, cobalah untuk menggunakan makeup setipis mungkin. Ingat, sekarang kesehatanmu lebih penting dibandingkan makeup yang kamu gunakan.

2. Rutin mengganti masker

Masker yang digunakan terus menerus akan bergesekan dengan kulit. Gesekan kulit ini akan menyebabkan minyak dan keringat menempel di masker. Hal tersebut menyebabkan kulit mengalami iritasi. Oleh karena itu, biasakan mengganti masker sekurang-kurangnya enam jam sekali. Selain baik untuk kulit, mengganti masker secara rutin juga mampu melindungimu dari virus secara maksimal.

3. Menggunakan plester jerawat

Saat ada jerawat di bagian yang terkena masker, cobalah untuk menggunakan plester jerawat untuk menutupinya. Hal ini bertujuan agar jerawat tidak bergesekan dengan masker dan membuatnya menjadi semakin meradang.

4. Bersihkan wajah dengan benar

Meski menggunakan masker seharian, bukan berarti kamu terhindar dari debu dan polusi. Kamu tetap perlu membersihkan wajah dengan benar setelah beraktivitas seharian.

5. Hindari menggunakan masker berkali-kali

Beberapa jenis masker ternyata tidak bisa digunakan berkali-kali. Selain kualitasnya menurun untuk mencegah virus, masker yang telah digunakan mengandung banyak bakteri yang mampu mengiritasi kulit. Kulit berjerawat adalah salah satu dampak dari penggunakan masker yang kotor dan digunakan berkali-kali.

6. Makan di rumah

Meski disarankan untuk tetap beraktivitas di dalam rumah, mungkin tempat kerjamu tidak mengizinkan hal tersebut. Kamu tetap harus pergi keluar rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Saat jam makan siang, kamu tentu harus membuka masker bukan? Padahal hal ini bisa menyebabkan wajah terpapar bakteri. Bakteri akan menempel di kulit, kemudian mereka akan berkembang saat kamu kembali menggunakan masker.

Jika memungkinkan, cobalah untuk makan di rumah agar kebersihan udara tetap terjaga. Cuci wajah dan gunakan masker baru setelah kamu melepaskan masker lama.

Itu dia beberapa cara agar kamu tetap glowing meski menggunakan masker seharian. Memang sedikit rumit dan menjengkelkan, tapi sedikit kepedulianmu dengan menggunakan masker bisa membantu dirimu dan banyak orang. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan ya!

 

To Top