How To?

7 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

7 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Memiliki kulit yang mulus tanpa bekas luka adalah idaman semua orang. Namun kita terkadang ceroboh sehingga mengalami luka pada kulit. Luka ini biasanya meninggalkan bekas dan lama-kelamaan akan menghitam.

Luka bekas terjatuh atau digigit serangga biasanya luka yang akan meninggalkan bekas dan sulit dihilangkan. Kamu mungkin pernah melihat berbagai macam cara untuk menghilangkan bekas luka hitam. Ada dengan obat mahal, laser, hingga operasi.

Nah, untuk kamu yang memiliki bekas luka yang sudah menghitam dan mulai bagaimana cara mengatasinya, kamu bisa mencoba beberapa bahan alami di bawah ini.

1. Mengkudu

Kamu pasti sudah tahu banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari buah satu ini. Ternyata selain bagus untuk tubuh jika dikonsumsi, mengkudu juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas luka. Mengkudu kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit.

Baca Juga: Ini 4 Bahan Alami Untuk Atasi Garis-Garis Putih Sekitar Paha

Untuk menggunakannya, kamu cukup menghancurkan buah mengkudu yang sudah matang. Buah mengkudu yang sudah hancur ini kamu oleskan pada bekas luka, tunggu 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

2. Mentimun

Kandungan air, vitamin dan mineral dalam mentimun tak perlu diragukan lagi. Mentimun sering dijadikan minuman atau masker yang kabarnya baik untuk kesehatan dan mencerahkan kulit. Tahukah kamu ternyata mentimun juga mampu menghilangkan bekas luka?

Caranya cukup mudah. Kamu cukup mengiris mentimun kemudian meletakannya pada bekas luka. Tunggu sekitar 30 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Ingat, gunakan mentimun yang segar ya agar kandungan air dan vitamin di dalamnya belum rusak.

3. Putih Telur

Bukan hanya menjadi sumber protein jika dikonsumsi, putih telur juga bisa menjadi penghilang bekas luka. Protein dan mikronutein yang terkandung dalam putih telur dipercaya mampu menghilangkan bekas luka secara alami.

Kamu cukup mengoleskan putih telur pada bagian bekas luka, dan biarkan sampai mengering. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

4. Teh Hijau

Antioksidan dalam teh mampu meremajakan kulit dan membuat rileks. Teh hijau juga dipercaya mampu membakar lemak dalam tubuh. Tapi, manfaat teh hijau ternyata tak sampai di situ. Teh hijau mempu menghilangkan bekas luka.

Caranya mudah, kamu tinggal membalurkan ampas teh hijau pada bagian bekas luka seperti menggunakan lulur. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

5. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman kaya manfaat yang baik untuk rambut, kulit, hingga kuku. Ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas luka.

Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai penghilang bekas luka dengan cara memisahkan kulit dan daging lidah buaya, kemudian oleskan dagingnya ke bekas luka. Diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

6. Madu

Madu memiliki kandungan yang mampu mengangkat sel kulit mati secara lembut. Bekas luka yang menghitam biasanya dipengaruhi juga karena sel kulit mati. Kamu bisa memanfaatkan madu untuk mengurangi bekas luka.

Caranya oleskan 1 sendok makan madu pada bekas luka, gosok perlahan kemudian tunggu sampai 30 menit. Setelah 30 menit, bilas dengan air sampai bersih. Selain bisa menghilangkan bekas luka, madu juga memiliki peran untuk mencerahkan kulit.

7. Jeruk Nipis

Sama seperti madu, jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C yang baik untuk regenerasi kulit.

Jika biasanya menggunakan jeruk nipis untuk masker penghilang jerawat, kini kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas luka. Caranya belah satu buah jeruk nipis kemudian oelskan pada bagian luka. Setelah itu, tunggu 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang mampu menghilangkan bekas luka yang menghitam. Karena bahan-bahan tersebut alami, kamu harus teliti dan rutin untuk melakukannya agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

To Top