in

Kamu Boros? Ini Tips Sederhana Menabung dan Mengatur Keuanganmu

Kamu Boros? Ini Tips Sederhana Menabung dan Mengatur Keuanganmu

Kamu merasa gaji kamu cepat habis padahal masih di awal bulan? Mungkin sudah saatnya kamu harus mengatur keuanganmu. Ya, mengatur keuangan seharusnya dilakukan sedini mungkin karena kebiaaan sederhana bisa merubah hidupmu nantinya.

Mengatur keuangan bukan hanya soal mengatur pengeluaran. Namun kamu juga perlu untuk menabung sebagian penghasilanmu untuk berjaga-jaga saat ada kebutuhan tiba-tiba yang membutuhkan dana besar. Kalau kamu boros dan susah menabung, mungkin beberapa tips ini bisa membantumu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Akan Membuat Kamu Terjerat Utang Seumur Hidup

1. Menabung di awal

Sebagian orang mungkin akan menabung dari sisa-sisa penghasilan mereka. Mungkin ini juga termasuk kamu. Mulai sekarang cobalah untuk menabung di awal. Kamu harus konsisten untuk menabungkan sebagian penghasilanmu untuk ditabungkan.

Kenapa harus ditabungkan di awal? Karena jika di akhir, uang cenderung habis. Kamu tidak akan memiliki sisa lagi untuk kamu tabungkan. Sayang sekali bukan?

2. Gaji naik, tabungan naik

Saat kamu memiliki penghasilan Rp 1.000.000, kamu menabung sebesar Rp 100.000. Lalu jika kamu memiliki penghasilan Rp 2.000.000, berapa yang akan kamu tabungkan? Rp 100.000, 200.000, atau yang lain?

Nah, saat penghasilanmu bertambah, uang yang kamu tabungkan juga harus bertambah. Misalnya saat gajimu Rp 1.000.000, kamu bisa menabung Rp 100.000, bukan hal yang tidak mungkin kamu bisa menabung sebesar Rp 1.100.000 saat gajimu Rp 2.000.000,-.

Saat penghasilan bertambah, bukan berarti gaya hidupmu juga jadi lebih tinggi. Tetap sederhana dan sisihkan uangmu untuk kebutuhan kamu di waktu yang akan datang.

3. Membeli barang yang kamu butuhkan bukan inginkan

Saat jalan-jalan orang cenderung membeli barang-barang yang diinginkan. Apalagi saat ada stempel potongan harga sekian persen. Mungkin kamu akan mudah tergoda dan ini menjadi salah satu kenapa uangmu cepat habis.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Anda Susah Kaya

Bijaklah saat memiliki uang. Jika memang ingin berbelanja, catat terlebih dahulu barang-barang yang kamu butuhkan. Tips lain adalah, bawalah uang pas saat berbelanja. Karena jika kamu membawa uang lebih, tanganmu mungkin akan gatal untuk segera menghabiskannnya.

4. Mengatur pengeluaran di awal

Kebiasaan satu ini bisa kamu lakukan bukan hanya sendiri namun juga saat sudah berkeluarga. Saat gajian, cobalah untuk mencatat kemudian membagi pendapatanmu. Kamu bisa membaginya ke dalam amplop-amplop kecil atau ke rekening-rekening yang sudah kamu persiapkan.

Catatlah pengeluaran rutin setiap bulan seperti tagihan listrik dan air, uang sekolah anak, atau iuran lainnya. Setelah dibagi dan dikurangi dengan uang yang kamu tabungkan, kamu bisa menggunakan uang tersebut dengan bijak sesuai kebutuhan.

5. Mencoba tabungan berjangka

Saat ini banyak lembaga keuangan seperti bank dan koperasi yang memiliki layanan tabungan berjangka. Kelebihan dari tabungan berjangka ini adalah kamu memiliki proyeksi berapa banyak uang yang kamu inginkan dalam beberapa tahun ke depan. Konsekuensinya, uang dalam rekeningmu akan terdebet secara otomatis selama beberapa tahun dan tak bisa kamu tarik.

Kamu bisa mencairkan dana jika sudah jatuh tempo. Menggunakan tabungan berjangkan sangat cocok untuk kamu yang memang memiliki rencana yang sudah kamu persiapkan beberapa tahun ke depan.

Nah, itulah beberapa tips mengatur keuangan. Mungkin awalnya sedikit sulit. Namun jika sudah terbiasa, kamu tinggal menuai hasilnya di akhir. Selamat mencoba!

Loading...