How To?

Inilah Cara Atasi Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Inilah Cara Atasi Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Suka makan ikan? Ikan memang menjadi salah satu makanan favorit di seluruh dunia. Tak hanya enak, ikan juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Mulai dari mencerdaskan otak ikan pun bisa meningkatkan imunitas kita loh.

Tapi pernahkah kamu mengalami tulang ikan nyangkut di tenggorokan? selain mengganggu juga sangat menyakitkan saat menelan. Kadang kita bingung harus gimana caranya agar tulang ikan itu ga nyangkut lagi di tenggorokan.

Tenang wowmenariknya akan memberikan cara bagaimana mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan.

Baca Juga : Mata Kamu Minus? Coba 5 Senam Mata Ini Agar Penglihatan Lebih Jernih

1. Jangan menggunakan tangan!

Inilah Cara Atasi Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Jangan sekali – kali kamu menggunakan tangan untuk mengeluarkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Memasukan tangan ke tenggorokan tidak akan menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan tulang tersebut.

Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lai jika kamu tidak dapat menjamin kebersihan tanganmu. Akan banyak bakteri dan kuman akan masuk ke mulut dan menjadi sumber dari penyakit lainnya.

2. Batuk

Inilah Cara Atasi Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Hal yang pertama yang dilakukan adalah batuk. Cobalah kamu batuk agar tulang yang menyangkut itu bisa keluar dari tenggorokanmu. Dalam beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

3. Minum air garam

Inilah Cara Atasi Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Jika dengan batuk tulang masih belum hilang, Kamu bisa mencob dengan langsung mengambil gelas air hangat yang di tambahkan dengan sedikit garam. Lalu minum air campuran garam tersebut. Jika tulang ikan yang tersangkut relatif kecil makan akan terbawa larut oleh air garam ke saluran pencernaan.

4. Telan sekepal nasi

Inilah Cara Atasi Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Kamu juga bisa menelan sekepal nasi tanpa mengunyahnya. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola bola kecil. Ingat, Jangan terlalu besar! Ini akan berpotensi kamu akan tersedak. Dan siapkan juga air yang membantu mendorong nasi agar tulang ikan nya terlepas.

5. Makan pisang

Manfaat makan dua buah pisang sehari

Sama seperti nasi, kamu juga bisa menggunakan pisang yang sudah dipotong potong dengan ukuran sedang, dan menruhnya di dalam mulut. Pastikan langsung menenlannya tanpa mengunyah. Agar menghindari tersedak siapkan air untuk minumnya. Kelengketan pisang dapat membantu menarik tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan.

Baca Juga : 7 Cara Balas Dendam Yang Epic

Itulah beberapa cara mudah mengatasi tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan. Selamat mencoba. Jika masih berlanjut segera lah hubungi dokter THT terlebih jika kamu mempunyai keluhan seperti rasa sakit yang berkelanjutan.

To Top