in

Ini 5 Rahasia Agar Wajah Kamu Bebas Dari Minyak Berlebih

Ini 5 Rahasia Agar Wajah Kamu Bebas Dari Minyak Berlebih 1
Foto: popmama.com

Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu penyebab jerawat, komedo hingga kulit yang kusam. Meski dikenal memiliki beberapa dampak buruk pada wajah, wajah berminyak juga memiliki sisi baik yakni melembabkan kulit yang dehidrasi.

Jika kamu salah satu yang memiliki tipe wajah berminyak, kamu mungkin berpikir bagaimana menghentikannya. Tapi tunggu dulu, minyak pada wajah juga punya manfaat. Jangan berusaha menghilangkan, tapi cobalah untuk mengatur minyak di wajah dengan tips rahasia berikut ini!

1. Membersihkan wajah dengan benar

Ini 5 Rahasia Agar Wajah Kamu Bebas Dari Minyak Berlebih 2
Foto: dailyvanity.sg

Membersihkan wajah dapat melarutkan minyak dan mencegah iritasi kulit. Membersihkan wajah juga dapat mengangkat sel kulit mati yang terperangkap oleh minyak dalam pori-pori kulit. Namun, membersihkan wajah berlebihan seperti dengan cara eksfoliasi mampu membuat kulit kering.

Baca Juga: 6 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Besar

Kamu bisa mengikuti beberapa cara membersihkan wajah. Pertama membersihkan makeup dengan penghapus makeup. Selanjutnya kamu bisa mencuci muka dengan sabun seperti biasa. Bilas dengan air sekitar 28-30 derajat agar suhu kulitmu juga tidak ikut naik yang bisa menyebabkan kerutan.

2. Jaga terus kelembaban

Ini 5 Rahasia Agar Wajah Kamu Bebas Dari Minyak Berlebih 3
Foto: romper.com

Kulit berminyak bukan berarti harus dibasmi agar menjadi kesat dan kering. Kamu tetap membutuhkan pelembab. Gunakan pelembab yang bebas minyak dan alkohol. Meski produk berbahan alkohol menyergarkan kulit, alkohol justru akan membuat kulitmu menjadi mudah kering.

Untuk memilih pelembab, kamu perlu memperhatikan kandungan di dalamnya. Gunakan bahan-bahan yang dapat menyeimbangkan kelembaban kulit. Jika kamu menghidrasi kulitmu dengan baik, produksi minyak pada wajah akan menurun dari sebelumnya.

3. Gunakan produk yang mendinginkan kulit

Ini 5 Rahasia Agar Wajah Kamu Bebas Dari Minyak Berlebih 4
Foto: thefragranceshop.co.uk

Matahari kini semakin terik dan udara semakin kering, hal ini membuat temperatur kulit kita cepat meningkat. Menggunakan AC atau secara tiba-tiba meletakan es batu pada kulit wajah juga tidak baik untuk kulit. Memilih produk berbahan alkohol memang menyejukan, tapi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hal itu justru hanya meninggalkan iritasi dan kulit kering.

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Wajah dengan Lemon

Untuk mendinginkan kulit, kamu bisa menggunakan sheet mask yang sudah disimpan di dalam kulkas selama 15 menit. Agar maksimal letakan sheet mask dengan posisi tertidur dalam kulkas agar essence tidak berkumpul di satu sisi.

4. Diet

Ini 5 Rahasia Agar Wajah Kamu Bebas Dari Minyak Berlebih 5
Foto: freepik.com

Menjaga asupan makanan juga dapat mengendalikan diet. Kamu wajiba menambahkan sayur dan buah dalam menu makananmu. Misalnya kubis yang kaya vitamin untuk mengatasi iritasi akibat jerawat, buah persik yang mampu menyeimbangkan cairan tubuh, kentang yang mampu mengecilkan pori-pori dan menekan produksi sebum dan makanan lainnya.

Sebagai pantangan, kamu bisa menghindari makanan dengan kandungan gula tinggi seperti minuman bersoda. Kadar gula yang meningkat dapat meningkatkan produksi sebum.

5. Selalu bahagia

Ini 5 Rahasia Agar Wajah Kamu Bebas Dari Minyak Berlebih 6
Foto: freepik.com

Bukan hanya produk hingga asupan nutrisi, kesehatan mentalmu juga mampu menjadi alasan meningkatnya produksi minyak di wajah. Hindari stres dan selalu berpikiran prositif ya!

Loading...