How To?

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Saat Berada Dalam Gedung

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Saat Berada Dalam Gedung

Gempa bumi tidak bisa diprediksi kedatangannya. Oleh karena itu kita harus selalui siap melakukan segala macam antisipasi untuk menyelamatkan diri. Banyak orang tewas saat terjadi gempa sebab mereka tidak sempat melarikan diri atau mereka tidak tahu bagaimana cara menyelamatkan diri jika seandainya terjebak, terutama saat berada di bangunan yang tinggi.

Jika seandainya kamu sedang berada di lantai atas sebuah gedung, kemudian terjadi gempa, jangan coba-coba untuk meninggalkan gedung. Lalu harus bagaimana, kalau tinggal di gedung takut terkena reruntuhan?

Ada beberapa pertimbangan antara harus keluar gedung dan tetap tinggal. Jika kamu berada di lantai bawah, kamu boleh saja keluar gedung, tapi jika berada di lantai atas, terlalu berisiko untuk meninggalkan gedung karena tidak akan sempat.

Salah satu kesempatan terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan tidak melarikan diri keluar gedung. Tapi bukan berarti kamu hanya diam saja, kamu harus memanfaatkan segala sesuatu yang dianggap bisa melindungimu dari reruntuhan.

Baca Juga: Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Agar Selamat

Dikutip dari situs Quora, seorang ahli geofisika kelautan Kelly Martin memberikan sedikit tips tentang cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa jika posisi sedang berada di lantai atas gedung.

Jika sedang berada di lantai atas, jangan coba-coba melarikan diri keluar gedung karena tidak akan sempat. Jika kamu mencoba keluar gedung, kemungkinan besar kamu bakalan jatuh dan kemudian tertimpa puing-puing bangunan.

Berlindung adalah pilihan terbaik.

Menurut sebuah studi di Jepang, berlari setidaknya sejauh 3 meter selama gempa bumi dapat meningkatkan peluang cedera.

Andaipun kamu bisa keluar gedung, risiko terkena reruntuhan di luar juga sangat besar. Berlindung di dalam gedung adalah salah satu cara terbaik untuk menyelamatkan diri. Namun kamu harus jeli memilih tempat berlindung yang dianggap bisa melindungi tubuh dari reruntuhan, seperti di bawah meja.

Namun yang jadi permasalahan adalah jika gedungnya ambruk total. Kemungkinan untuk selamat sangat kecil. Tapi jika berlindung, setidaknya kamu masih memiliki kesempatan untuk hidup sampai petugas mengevakuasimu.

Intinya jangan panik saat terjadi gempa, tapi berpikirkan dan pandai menilai situasi. Orang yang panik saat terjadi gempa cenderung mengalami cedera parah hingga meninggal dunia.

Loading...
Loading...
To Top