How To?

Cara Membuat Scrub dari Bahan-Bahan Sederhana di Dapur

Cara Membuat Scrub dari Bahan-Bahan Sederhana di Dapur

Salah satu hal yang bermanfaat di saat kamu memilih tetap di rumah di masa pandemi ini adalah melakukan perawatan wajah atau tubuhmu. Perawatan yang bisa kamu lakukan adalah scrub wajah atau tubuhmu.

Scrub sendiri berfungsi untuk membantu kulit mengangkat sel kulit mati dari luar, sekaligus memastikan beragam debu atau kotoran lainnya yang mungkin terjebak dalam pori-pori kulit juga ikut terangkat. Sehingga nantinya, kulit akan terlihat lebih sehat dan berseri.

Daripada hanya rebahan dan terpaku pada layar handphone pintarmu, cobalah cek ke dapur dan apakah kamu memiliki bahan-bahan berikut yang bisa dijadikan scrub untuk wajah atau tubuhmu. Langsung saja, berikut cara membuat scrub dari bahan-bahan sederhana di dapur.

1. Garam

Selain digunakan untuk bumbu dapur yang fungsinya memberi rasa asin pada masakan, ternyata garam juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Garam berfungsi mengangkat sel kulit mati pada wajah maupun kulit tubuh kamu, menghaluskan kulit wajah kamu dan melancarkan sirkulasi darah pada tubuh kamu.

Baca Juga: Manfaat Garam Jika Dijadikan Scrub Untuk Wajah

Membuat scrub garam ini cukup mudah. Pertama ambil garam secukupnya dan letakkan pada wadah. Lalu campur garam dengan minyak zaitun atau madu kemudian diaduk hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada wajah ataupun tubuhmu dengan gerakan melingkar sambil dipijit perlahan. Biarkan beberapa saat hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.

2. Gula

Gula termasuk salah satu bahan yang mudah ditemukan di dapur. Untuk membuat scrub dari gula kamu hanya perlu mencampurkannya dengan minyak zaitun atau essential oil yang ada di rumah.

Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah yang telah dibersihkan. Lalu diamkan beberapa saat dan kamu sudah bisa menggunakannya.

3. Kopi

Tahukah kamu kalau kafein juga bisa menghancurkan lemak yang ada di bawah permukaan kulit? Dan ternyata kopi juga bisa diolah menjadi scrub yang efeknya akan merelaksasikan tubuh mu yang mungkin terasa lelah setelah beraktivitas seharian.

Kamu bisa menggunakan ampas kopi bekas kamu minum. Jika kamu belum meminum kopi sebelumnya, kamu bisa memasukkan kopi ke dalam wadah bersih lalu beri sedikit air kemudian aduk sampai merata.

Setelah menjadi pasta, oleskan scrub kopi pada wajah maupun seluruh tubuh kamu, kemudian diamkan hingga mengering. Lalu bersihkan wajah maupun tubuhmu dengan membilasnya dengan air hangat atau air dingin hingga bersih.

4. Kunyit

Rempah-rempah satu ini mengandung antioksidan serta dapat mengatasi bakteri pada jerawat yang meradang. Kunyit bisa diolah menjadi scrub yang cocok untuk kulit berminyak, dengan mencampurkan 1 sendok makan bubuk kunyit atau kunyit parut, sedikit garam dan air seta ampas teh secukupnya.

Baca Juga: Rahasia Kulit Halus Dan Bersinar Dengan Masker Kunyit

Kemudian aduk semua bahan sampai merata hingga mendapatkan tekstur kasar yang tepat. Oleskan pada wajah ataupun tubuh dengan gerakan memutar dan pijatan perlahan, diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

5. Beras

Nah bahan yang satu ini sudah pasti ada di dapurmu bukan ? Selain untuk dikonsumsi sehari-hari ternyata beras juga bisa dijadikan scrub. Kamu cukup menumbuk atau memblender beras secukupnya, lalu tambahkan air sampai mendapatkan tekstur yang tepat.

Setelah itu oleskan pada wajah maupun tubuh, lakukan pijatan dengan gerakan melingkar. Diamkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat atau air dingin sampai bersih.

Selain itu kamu bisa juga menambahkan beberapa bahan dengan beras sebagai scrub. Gula, madu, bahkan yoghurt bisa kamu tambahkan untuk mendapatkan scrub yang menghaluskan kulitmu.

To Top