in

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Matang

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Matang 1

Es batu terbuat dari air yang dibekukan. Namun ada dua tipe air yang biasa dijadikan es batu, yakni air mentah dan matang. Banyak anggapan kalau es batu yang terbuat dari air mentah sangat tidak baik untuk kesehatan.

Sebab air yang tidak melalui proses pemanasan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan keracunan yang disebabkan bakteri di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, tujuan memasak air yaitu untuk membunuh bakteri di dalamnya sehingga kehigienisannya terjamin.

Minum air yang tidak higienis akibatnya bisa menyebabkan sakit perut, mual-mual, muntah hingga diare. Mungkin saja es batu yang terbuat dari air mentah bisa menyebabkan masalah serius.

Baca Juga: Bahaya Air Minum Isi Ulang yang Sering Diabaikan

Lantas, apa perbedaan antara es batu dari air mentah dan air matang?

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Matang 2
Foto: Kaskus

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), terdapat perbedaan antara es batu dari matang dan air mentah. Berikut beberapa perbedaannya:

  1. Es batu dari air mentah cenderung berwarna putih karena masih banyak gas di dalamnya.
  2. Es batu yang terbuat dari air matangakan terlihat bening karena gas di dalamnya terlepaskan selama proses perebusan.
  3. Biasanya, es batu yang terbuat dari air mentah adalah es balok. Es ini tidak layak dikonsumsi, khususnya jika sumber airnya berasal dari sungai.

Baca Juga: Minum Air Rebusan Jagung Bisa Usir 4 Penyakit Mematikan Ini

Intinya, kalian bisa dilihat dari warna es batu tersebut. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang menunjukkan kalau es batu dari air mentah buruk untuk kesehatan. Tapi jika dipikirkan dengan logika, kita pasti menyadari bahwa es batu dari air mentah lebih berbahaya.

Jadi hati-hati yah ketika membeli minuman yang suka pake es batu!

Loading...
Loading...