How To?

Buat yang Insomnia, Inilah 5 Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

Buat yang Insomnia, Inilah 5 Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan memejamkan mata. Orang dengan insomnia memiliki satu atau lebih dari gejala seperti sering terbangun malam hari, dan sulit untuk tidur lagi. Bangun terlalu pagi, dan badan pun lelah.

Ada dua jenis insomnia yaitu primer yang berarti seseorang mengalami tidur tidak secara langsung terkait dengan kondisi kesehatan lain.

Sedangkan sekunder adalah seseorang yang mengalami masalah tidur karena sesuatu yang lain seperti kondisi kesehatan seperti asma, depresi, arthritis, kanker, atau mulas. Minum obat karena sakit, atau alkohol.

Meski begitu, para penderita insomnia masih bisa berjuang untuk bisa keluar dari masalahnya. Berikut ini lima cara Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga : Jangan Tidur di Jam Ini Jika Kamu Tidak Ingin Sakit

1. Bangun rutinitas tidur Anda

Dengan cara rutinitas yang sama seperti mandi, tidur, baca buku dapat membantu anak-anak tidur, juga orang dewasa. Psikolog klinis, Dr Courtney Bancroft menyarankan untuk menciptakan ‘zona penyangga’ untuk tidur.

“Dapatkan kepala dan tubuh dalam ruang di mana sinyal otak bagus untuk tidur dan istirahat,” terangnya.

Dr Annemarie Luik, seorang peneliti di University of Oxford yang mengkhususkan diri dalam solusi untuk insomnia setuju bahwa melakukan kegiatan santai seperti membaca, merajut atau mendengarkan musik satu jam sebelum tidur.

Hindari latihan dan layar menyala sebelum tidur karena mereka bisa membangunkan Anda.

Jaga kamar tetap gelap dan dingin. Hindari makanan dan minuman diuretuk seperti kopi, teh, dan alkohol sebelum tidur.

2. Jangan tidur dalam keadaan khawatir

Khawatirnya Anda gagal kembali tidur setelah terbangun. Ada beberapa hal yang membuat Anda tak bisa tidur, yaitu stres dan kecemasan yang menghambat tidur di bawah kontrol.

Bancroft memberitahu pasien untuk menulis log khawatir, dan jadwal waktu untuk berurusan dengan tidur. “Kami jauh lebih siap untuk memecahkan masalah siang hari ketika pikiran pada kinerja puncak daripada di tengah malam ketika otak kita mengantuk. Mengingatkan diri sendiri tentang ini bisa sangat membantu dan dapat menempatkan pikiran Anda tenang,” katanya.

3. Cobalah teknik mindfulness

Latihan kesadaran sederhana seperti berfokus pada pernapasan dapat membantu insomnia. “Tetap fokus dan bersantai saat siap untuk tidur malam hari,” kata Kat Dunn.

Meditasi juga dapat membantu seluruh tubuh untuk tidur, kata Charlie Morley, guru meditasi mindfulness. Dia merekomendasikan teknik 4-7-8 breath, yang menghirup udara melalui hidung untuk empat hitungan, menahan napas selama tujuh detik, dan menghembuskan napas melalui mulut selama delapan detik.

4. Turun dari tempat tidur

Berlawanan dengan kepercayaan populer, berbaring di tempat tidur tidak selalu kondusif untuk bisa tidur. “Kebanyakan penderita insomnia tidak istirahat. Mereka berbaring di sana total penyiksaan atau agitasi mental,” kata Morley.

5. Cari bantuan profesional

“Jika Anda mengalami masalah tidur yang parah untuk waktu yang lama carilah pengobatan,” kata Luik. Karena efek dari obat sering sementara, terapi perilaku kognitif adalah pengobatan yang direkomendasikan untuk insomnia.

Profesional dapat membantu dengan menangani penyebab insomnia. “Jika khawatir dan kecemasan semakin dalam, Anda dapat berbicara dengan dokter tentang pengobatan yang mungkin terjadi,” katanya.

To Top