How To?

Buat Kamu Yang Masih Bingung, Inilah 7 Cara Menemukan Passionmu

Buat Kamu Yang Masih Bingung, Inilah 7 Cara Menemukan Passionmu

Siapa bilang passion itu gampang ditemukan? Menemukan sesuatu yang menjadi passion-mu itu gampang-gampang susah. Ibaratnya, passion itu sesuatu yang tidak hanya mengisi waktu, namun juga menjadi penentu tujuan hidup dan kebahagiaanmu.

Kalau kamu sampai hari ini belum bisa menemukan dimana passion-mu, hal itu wajar-wajar saja. Tapi mumpung masih muda, ada baiknya kamu cepat menemukan passion-mu. Semakin cepat kamu menemukannya, semakin luas kesempatan yang akan muncul di hadapanmu untuk bisa mengembangkannya.

Lalu bagaimana sih cara menemukannya? Ini adalah tujuh pertanyaan yang dapat membantumu menemukan jawabannya.

Baca Juga : Apapun yang Menjadi Takdirmu, Akan Mencari Jalannya Menemukanmu

1. Jika harus bertanya pada diri sendiri, apa yang melengkapi hidupmu selama ini?

Ikuti kata hatimu. Jangan ikuti keinginan orang tuamu, pacarmu atau teman-temanmu. Passion itu bisa sesuatu yang benar-benar mengobarkan semangat dalam jiwamu. Kerjakanlah passion yang membuatmu merasa hidup.

2. Hal apa yang kamu yakini dengan bulat walau ditentang oleh hampir setiap orang?

Kebanyakan, orang tua memang memiliki peran besar untuk menentukan passion yang kamu punya. Tapi jika passion yang mereka harapkan tidak cocok dengan apa yang kamu mau, jangan diteruskan! Percayalah, mengikuti passion yang kamu mau bukan hal yang buruk kok.

3. Selama ini kemampuan apa yang paling menonjol dari dirimu?

Apa kemampuan terhebatmu? Pertanyaan ini seharusnya sudah kamu pikirkan sedari kecil. Setiap orang pasti punya bakat dan kelebihannya masing-masing. Memahami kemampanmu yang paling dominan bisa membantumu untuk menemukan passion-mu.

4. Apa hal yang kamu sukai sewaktu kecil dulu?

Terkadang, untuk menemukan passion-mu, kamu bisa mencoba untuk melihat kembali ke masa lalumu. Coba ingat-ingat, ketika kamu kecil dulu, apa yang kamu sukai? Hal yang kamu sukai itu membentuk dirimu sampai sekarang. Siapa tahu, itulah jawabannya.

 

5. Kegiatan apa yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan passion adalah dengan mencoba-coba. Banyak orang yang menganggap hal ini buang-buang waktu. Tapi percayalah, untuk menemukan passion, terkadang, harus ada waktu yang dikorbankan.

6. Pencapaian apa yang ingin kamu ceritakan pada orang-orang, 20-30 tahun dari sekarang?

Apa yang ingin kamu ceritakan dengan bangga pada 20-30 tahun mendatang? Cerita tentang karyawan yang harus bangun pagi dan pulang malam, atau cerita tentang orang yang bangga karena passion-nya terwujud? Ingat, bukan materi yang terpenting, tapi prosesnya.

7. Seandainya tak ada orang yang bisa melihatmu, mendengarmu, atau memengaruhimu: kamu akan menjadi orang yang seperti apa?

Siapakah aku? Ini pertanyaan yang harus kamu jawab untuk menemukan passionmu. Jangan remehkan satu kalimat ini, karena mereka punya kekuatan besar untuk mengubah hidupmu.

Berhasil menemukan passion berarti kamu sudah maju selangkah lebih dekat menjadi pribadi yang sukses. Nah, sudah siap mengajukan berbagai pertanyaan ini untuk dirimu sendiri?

To Top