How To?

Berikut Biaya Memelihara Hewan yang Harus Kamu Pertimbangkan

Berikut Biaya Memelihara Hewan yang Harus Kamu Pertimbangkan

Bagi kebanyakan orang memelihara hewan bisa mendatangkan kesenangan. Selain itu juga merupakan bagian dari hobi mereka.

Hewan yang dipelihara tentu beragam, mulai dari yang biasa dipelihara seperti kucing ataymu anjing hingga hewan yang antimainstream seperti ular, tarantula, bahkan buaya.

Walaupun kamu adalah penyayang binatang, bukan berarti kamu bisa langsung memelihara hewan yang kamu sukai.

Untuk memelihara hewan harus memiliki pertimbangan mulai dari tempat hingga biaya untuk memeliharanya. Nah berikut biaya yang harus kamu pertimbangkan jika ingin memelihara hewan.

1. Biaya untuk Makanan

Berikut Biaya Memelihara Hewan yang Harus Kamu Pertimbangkan

Foto : pinterest.com

Makanan hewan peliharaan juga memiliki varian harga, yang disesuaikan dengan jenis makanan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dengan membeli makanan yang berkualitas dan bernutrisi tinggi, maka kamu tidak perlu khawatir apabila hewan peliharaan yang kamu miliki mempunyai daya tahan tubuh yang lemah.

2. Biaya Perlengkapan

Berikut Biaya Memelihara Hewan yang Harus Kamu Pertimbangkan

Foto : aliexpress.com

Biaya lain yang perlu dikeluarkan untuk hewan peliharaan adalah biaya perlengkapan. Biaya ini menyangkut perlengkapan tempat tinggal hingga mainan yang dibutuhkan oleh hewan peliharaanmu.

Dengan perlengkapan yang lengkap membuat bermain bersama peliharaan menjadi lebih menyenangkan. Hal tersebut akan berpengaruh pada mood kamu yang bisa membaik dengan bermain bersama hewan kesayangan.

3. Biaya Perawatan

Berikut Biaya Memelihara Hewan yang Harus Kamu Pertimbangkan

Foto : phillyvoice.com

Biaya perawatan hewan peliharaan cukup banyak. Perawatan lain yang juga perlu dilakukan agar hewan peliharaan tetap segar dan sehat.

Misalnya pada hewan peliharaan kucing atau anjing. Kuku-kuku pada kucing atau anjing perlu untuk dibersihkan agar tidak memiliki ukuran yang panjang dan dapat melukai orang lain.

Selain itu, kuku hewan peliharaan yang kotor dan tidak terawat juga bisa menjadi tempat bakteri berkumpul dan berkembang biak.

Nah untuk perawatannya serahkan saja pada klinik atau salon hewan yang dapat memberikan perawatan terbaik untuk peliharaanmu.

4. Biaya Perawatan Kesehatan dan Pengobatan

Berikut Biaya Memelihara Hewan yang Harus Kamu Pertimbangkan

Foto : kucingpedia.com

Hewan peliharaan yang tidak mendapat perawatan kesehatan dengan semestinya akan berisiko terserang penyakit. Beberapa penyakit yang menyerang hewan dapat  menular ke manusia.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi kamu harus memperhatikan kesehatan hewan peliharaanmu. Salah satunya yaitu dengan melakukan pemberian vaksin di klinik hewan.

Selain untuk mencegah sakit kamu perlu mengalokasikan biaya untuk pengobatan. Kamu tidak pernah tahu kapan hewan peliharaabmu mengalami kondisi yang tidak stabil atau sakit.

Jika peliharaanmu tersebut terserang penyakit maka kamu akan membawanya ke klinik atau dokter hewan. Biaya pengobatan ini cukup besar oleh karena itu harus disediakan dana khusus untuk menanggulangi hal ini sampai terjadi.

5. Biaya Penitipan

Berikut Biaya Memelihara Hewan yang Harus Kamu Pertimbangkan

Foto : centroone.com

Jika kamu anak kosan, tentu kamu butuh alokasikan dana untuk biaya ini. Karena sewaktu-waktu jika kamu pulang kampung, kamu bisa menitipkan hewan peliharaanmu sementara di penitipan hewan.

Atau jika kamu bukan anak kosan, ketika kamu bepergian keluar kota bersama keluarga sementara tidak ada yang dapat merawat hewan peliharaanmu, kamu bisa menitipkan mereka di tempat penitipan dimana hal tersebut memerlukan biaya.

Dengan mempertimbangkan biaya-biaya di atas, tentu kamu sudah bisa ambil kesimpulan apakah sudah siap untuk memelihara hewan kesayanganmu. Tentu kamu tidak ingin jika suatu hari malah merugikan diri sendiri bahkan memberi ketidaknyamana pada hewan peliharaanmu.

To Top