in

Begini Cara Mudah Membuat Nasi yang Lembut

Cara membuat nasi yang lembut
Ilustrasi nasi yang lembut (youtube.com)

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Cara membuatnya memang sangat mudah, tapi kebanyakan orang suka asal-asalan saat memasak nasi. Padahal jika tahu cara yang benar, nasi yang kita masak pasti memiliki rasa yang jauh lebih enak.

Sebenarnya ada trik untuk membuat nasi yang pulen, lembut dan enak. Rahasianya terletak pada saat sebelum beras dimasak. Penasaran seperti apa caranya? Simak ulasan di bawah ini yang dilansir dari situ mirror.co.uk.

Seorang koki asal Australia, Monty Koludrovic, mengungkapkan cara rahasia membuat nasi yang lembut dan enak dalam sebuah podcast di 9Honey berjudul What the F is For Dinner.

Kuncinya terletak pada saat mencuci beras.

Cara membuat nasi yang lembut
Foto: My Persian Kitchen

Dia mengatakan bahwa kunci utama membuat nasi yang sangat enak terletak pada saat mencuci beras sebelum memasaknya.

Monty mengatakan bahwa kita harus mencuci beras dengan sangat benar sampai tidak ada sekam yang tersisa. Ia menganjurkan untuk mencuci beras sampai 30 kali sebelum dimasak.

“Jika Anda membayangkan pati (amilum yang berwujud putih) menjadi butiran lengket, hal itu disebabkan karena mereka menyerap air,” kata Monty.

Jadi dengan mencucinya selama dan sebanyak mungkin, air akan membuat pati dalam nasi jadi berdiri dan mengembang. Sehingga ketika dimasak nanti, nasinya akan terasa jauh lebih lembut dan enak.

Hanya saja yang perlu diperhatikan yaitu takaran nasi dan volume air harus benar-benar seimbang. Jika airnya terlalu sedikit atau terlalu banyak, nanti hasilnya malah bisa gagal.

Begitulah kira-kira cara membuat nasi yang lembut seperti di restoran. Kalau nasinya enak, pasti makan juga semakin semangat.