in

Begini Cara Membuat Mie Instan yang Sehat

Begini Cara Membuat Mie Instan yang Sehat
Foto: nakita.id

Berbagai macam penelitian telah membuktikan kalau mengkonsumsi mie instan tidaklah sehat. Makan mie terlalu banyak bisa menyebabkan hipertensi, obesitas dan diabetes. Namun karena rasanya yang enak, kebanyakan orang tetap suka makan mie instan.

Buat para pecinta mie instan, jangan khawatir Anda harus meninggalkan makanan favorit ini selamanya. Asalkan Anda tahu bagaimana proses membuat mie instan yang benar dan sehat. Simak artikel berikut ini tentang cara membuat mie instan yang sehat. Namun perlu diingat, Anda tetap jangan terlalu banyak mengkonsumsi hidangan ini.

Langkah pertama: Buang air rebusan yang pertama

Begini Cara Membuat Mie Instan yang Sehat
Foto: wwltv.com

Kesalahan yang umum dilakukan saat memasak mie instan yaitu memasukan air rebusannya sebagai kuah. Namun hal itu salah dan bisa membahayakan kesehatan. Sebab lapisan lilin dalam mie akan larut bersama air. Dan jika sampai masuk ke dalam perut, sistem pencernaan Anda bisa terganggu nantinya. Jadi, buang air rebusan yang pertama, lalu Anda rebus air yang baru lagi.

Langah kedua: Jangan masukan semua bumbu

Begini Cara Membuat Mie Instan yang Sehat
Foto: alodokter.com

Bumbu pada mie instan memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Bila asupan natrium dalam tubuh terlalu banyak, akibatnya Anda bisa mengalami hipertensi.

Baca Juga: Wow, Pria Nigeria Jadi Kaya Berkat Jualan Mie Instan Khas Indonesia

Oleh sebab itu, agar mie instan yang Anda buat lebih sehat, jangan masukan semua bumbunya. Masukan saja separuh bumbunya. Bila rasanya jadi kurang enak, Anda bisa menambahkan penyedap rasa yang lebih alami, seperti bawang atau cabai.

Langkah ketiga: Tambahkan sayuran hijau

Begini Cara Membuat Mie Instan yang Sehat
Foto: kompasiana.com

Sayuran hijau berfungsi menetralisir kalori yang banyak dalam mie instan. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi akan mengalami diabetes atau obesitas. Selain itu, dengan mengkonsumsi mie ditambah sayuran, kandungan nutrisi di dalamnya bisa diimbangi.