How To?

7 Cara Meredakan Marah yang Sedang Meluap-Luap

7 Cara Meredakan Marah yang Sedang Meluap-Luap

Marah merupakan suatu yang normal bagi setiap manusia. Marah sebenarnya termasuk emosi yang sehat. Bahkan perasaan marah dapat mendatangkan perubahan-perubahan yang positif. Hal yang manusiawi jika kamu terkadang murka pada situasi-situasi tertentu.

Tapi jika kamu marah dengan berlebihan juga tidak baik bagi diri kamu sendiri. Hal itu bisa saja merusak pikiranmu atau bahkan kehidupanmu. Bermula dari kamu selalu merasa benar akan apa yang kamu lakukan dan selalu melihat kesalahan orang lain. Itu sebagian dari kerugian kamu bila marah berlebihan.

Sebaiknya kamu belajar menahan dan meredakan emosi tersebut. Karena pada dasarnya setiap permasalahan tidak akan selesai jika kamu marah-marah. Belajar mengendalikan amarah memang nggak mudah, apalagi kalau memang kamu terbiasa punya temperamen tinggi.

Kemampuan setiap orang untuk mengatasi amarahpun berbeda-beda, tergantung dari lingkungan dan bagaimana pribadi orang tersebut terbentuk, terkadang tidak dipungkiri bahwa tingkat pendidikan seseorang juga berdampak besar kepada kemampuan mengatur amarah.

Nah, berikut merupakan cara yang bisa kamu coba untuk meredakan amarahmu.

1. Menenangkan Diri

Jika dilihat dari perspektof manajemen marah, marah dapat dikatakan sebagai siklus agresi yang mana terdiri dari eskalasi, eksplosi, serta pasca eksplosi. Oleh sebab itu, saat kamu merasa emosi atau marah maka cobalah untuk menenangkan diri agar siklus agresi yang kamu miliki tidak berantakan.

Dengan mencoba berpikiran tenang, kamu bisa mencoba untuk berpikir logis serta mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah. Untuk menenangkan diri, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti menarik napas dalam-dalam, menghitung mundur perlahan untuk menurunkan emosi perlahan.

Baca Juga: 7 Hal Ini Harus Anda Hindari Agar Memiliki Mental yang Kuat

2. Ubah fokus perhatian Kamu

Jangan terlalu fokus pada situasi atau pada orang-orang yang bisa membuatmu marah. Semakin kamu terpaku pada hal atau orang yang sudah membuatu marah tidak akan membuatmu lebih baik. Bahkan akan membuat amarahmu semakin menjadi jadi.

Sebaiknya kamu alihkan fokus kamu ke arah yang kamu sukai seperti bermain video game, menonton film komedi, atau kamu bisa hang out bersama orang orang yang membuatmu lebih bahagia. Hak itu lebih baik daripada kamu terus menerus diam dan memikirkan kesalahan orang telah membuatmu marah.

3. Ungkapkan Marah Secara Asertif

Orang-orang asertif biasanya akan mengungkapkan marah dan emosi yang dipendamnya secara jujur, tepat, namun tidak melukai hati orang lainnya. Menurut Galassi, orang asertif dapat mengekspresikan perasaan yang sebenarnya, mengungkap pendapat pribadi, dan tidak membiarkan orang lain bisa mengambil keuntungan darinya.

Namun disaat yang bersamaan, mereka juga akan mempertimbangkan perasaan orang lain. Perilaku seperti ini tentu saja akan menguntungkan untuk kamu serta tidak merugikan orang lain. Berperilaku asertif bisa membuat individu berkomunikasi dengan baik serta menjalin hubungan sehat dengan orang lain.

4. Gunakan Humor

Humor ringan dapat membantu mengatasi ketegangan. Jangan gunakan sarkasme karena bagaimanapun bisa melukai perasaan orang lain dan membuat hal-hal buruk terjadi dan justru menjadikan permasalahan baru menjadi muncul kembali. Gunakan humor seperlunya dan juga semampu anda untuk mengatasi amarah.

5. Olah Fisik

Aktivitas fisik dapat memberikan manfaat positif untuk emosi. Karena beberapa orang seringkali merendahkan atau mengaggap bahwa olah fisik tidak akan memberikan efek atau dampak apapun terutama pada wanita yang malas berolahraga.

Jika kamu merasa kemarahan anda meningkat, pergilah ke luar rumah untuk jalan cepat atau lari dan bakar kalori kamu sampai terasa lelah. Karena jika kamu sudah lelah oleh aktivitas fisik tidak akan ada lagi keinginan untuk bisa marah.

6. Curhat

Curhat adalah ajang yang sangat penting, namun kamu lebih baik curhat ke orang yang tepat. Cobalah curhat ke orang yang tepat yang akan dapat memberi solusi terbaik, jika masalah yang kamu hadapi sangat berat, kamu dapat gunakan jasa psikiater untuk mencari solusi terbaik.

7. Kerjakan Hobi Lain

Setiap orang memiliki hobi sendiri yang berbeda satu-sama lain. Tekuni itu kawan untuk meredam dan menahan emosi dalam hati. Kegemaran ini banyak macamnya tergantung dari kebiasaan anda selama ini. Biasanya hobi bisa memberikan kesenangan tersendiri, maka kenapa tidak beralih ke hobi saja.

Daripada membuang waktu dengan rasa marah saja. Hal lain lagi adalah mengerjakan hobi siapa tahu bisa mendapatkan keuntungan.

Itu merupakan cara cara yang bisa kamu coba untuk meredakan amarahmu yang berlebiihan. Ingat, setiap permasalahan tidak akan selesai dengan cara marah- marah. Selamat mencoba!

To Top