in

5 Kesalahan Fatal Saat Masak Ayam yang Sering Dilakukan

Ayam jadi hewan yang paling banyak dimanfaatkan sebagai bahan pokok berbagai macam jenis makanan. Contohnya saja ayam goreng, ayam balado, sup ayam, sate ayam dan masih banyak lagi.

Buat Anda yang hobi makan ayam dan suka memasaknya sendiri di rumah, mungkin Anda tidak sadar suka melakukan beberapa kesalahan fatal ini saat masak ayam.

loading...

Berikut lima kesalahan fatal saat masak ayam yang sering dilakukan banyak orang. Walau terlihat spele, kesalahan saat memasak ayam ini malah bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda dan rasa daging ayamnya.

1. Meletakan ayam dalam wastafel saat mencucinya

Ibu-ibu biasanya suka mencuci ayam di wastafel untuk membersihkan dagingnya dari bakteri berbahaya. Namun kelirunya, ayam yang sudah dicuci suka diletakan dalam wastafel.

Perlu diketahui, dalam wastafel banyak bakteri berbahaya yang tak bisa dihilangkan hanya dengan air saja. Jadi percuma saja jika Anda mencuci ayam sambil meletakan ayam tersebut dalam wastafel.

Seharusnya Anda memegang ayam yang sedang dicuci dan jangan sampai mengenai wastafel. Setelah dicuci, letakan daging ayam tersebut dalam wadah yang bersih.

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ini Manfaat Mengejutkan Makan Ceker Ayam

2. Dimasak langsung saat keluar dari kulkas

Menyimpan ayam dalam kulkas memang tidak salah, malahan bagus agar lebih awet. Namun kebanyakan orang suka memasaknya langsung setelah dikeluarkan dalam kulkas.

Ada alasan kenapa Anda jangan memasak ayam langsung setelah dikeluarkan dari dalam kulkas. Nantinya ayam yang Anda masak tidak akan merata kematangannya. Bagian luar memang terlihat sudah matang, tapi bagian dalamnya masih belum matang dan bahkan bisa ada darah yang tersisa.

3. Menggoreng banyak ayam dalam satu wajan

Dengan alasan menghemat, kita suka memasak banyak ayam dalam satu wajah. Tapi sebenarnya cara itu salah. Menggoreng banyak ayam dalam satu wajan bisa membuat kematangannya jadi tidak sempurna dan juga bisa mempengaruhi rasanya. Jadi, jika Anda hendak menggoreng banyak ayam, gunakanlah lebih dari satu wajan atau sedikit-sedikit menggorengnya.

4. Daging ayamnya tidak dibumbui sebelum dimasak

Untuk mendapatkan daging ayam yang rasanya lebih nikmat dan gurih, Anda seharusnya membumbui daging ayam tersebut sebelum dimasak. Setelah dibumbui, biarkan beberapa menit agar bumbunya meresap ke dalam daging. Setelah itu, baru Anda bisa memasaknya.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Simpan Daging Ayam di Rak Kulkas Paling Atas!

5. Menghilangkan kulit dan tulang daging ayam

Sebelum digoreng, mungkin Anda suka menghilangkan kulit dan tulang daging ayam yang hendak dimasak. Meskipun Anda tidak suka, sebaiknya jangan melakukan hal itu. Sebab kulit dan tulang bisa membuat daging ayam tetap lembut dan lembab. Kalau Anda menghilangkan keduanya, nanti daging ayamnya bisa kering.

loading...
Loading...
Loading...