How To?

5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Jerawat Betah

5 Kebiasaan Spele yang Bisa Membuat Jerawat Betah

Jerawat jasi masalah serius pada wajah yang rumit diatasi. Kamu harus pintar-pintar memilih perawatan kulit yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Masalah tak sampai di situ, jika si jerawat sudah hilang, kamu juga harus bertarung melawan bekas jerawat.

Kebanyakan orang yang tinggal di negara tropis memiliki kulit wajah berminyak yang membuat mereka rawan terkena jerawat. Jerawat bisa disebabkan karena faktor hormonal, misalnya seorang wanita menjelang menstruasi, bisa juga karena faktor lingkungan dan kebiasaan-kebiasaan mereka.

Jika kamu pemilik kulit wajah yang rentan berjerawat dan kamu merasa sudah membersihlan wajahmu dengan benar tapi jerawat betah di wajahmu, mungkin kamu kerap kali melakukan kebiasaan sederhana ini.

Baca Juga: Ketahui Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

1. Menopang dagu dengan tangan atau menyentuh wajah

Saat bekerja atau belajar atau saat menikmati secangkir minuman di kafe, ada saatnya kamu bersantai dengan menopang dagumu dengan tangan. Meski sederhana, ini justru salah satu penyebab jerawatmu betah atau mungkin menjadi lebih parah.

Kamu tidak pernah tahu banyak bakteri yang menempel di tanganmu. Bakteri bisa berpindah dari benda-benda seperti uang, meja, smartphone, komputer, dan lain-lain.

Jerawat diakibatkan oleh bakteri. Nah saat kamu menopang dagumu, bukan hal tidak mungkin jika bakteri berpindah dari tangan ke bagian dagu hingga pipi. Untuk itu kurangi kebiasaan ini ya!

2. Mencoba menutupi jerawat dengan makeup tebal

Ya, sebagian wanita memang tergila-gila dengan makeup. Makeup menjadi sihir untuk merubah wajah seseoarang dan menutupi ketidaksempurnaan pada wajah. Makeup yang tebal terkadang sulit dibersihkan dan meninggalkan sisa.

Residu yang dihasilkan makeup bisa menyumbat pori-pori dan bercampur dengan minyak dan bakteri sehingga wajahmu rentan berjerawat. Hal ini juga menyebabkan jerawatmu semakin meradang. Untuk itu pakailah makeup setipis mungkin agar tidak sulit saat dibersihkan.

Baca Juga: 3 Jenis Makanan yang Dapat Memperparah Jerawat

3. Tidak mengganti sarung bantal secara rutin

Sarung bantal bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Keringat, minyak dan kotoran yang berpindah dari wajah atau kepala bisa dengan cepat berpindah pada sarung bantal. Bisa kamu bayangkan saat kamu tidak pernah mengganti sarung bantalmu, bakteri dari sarung bantal akan berpindah pada wajahmu dan munculah si jerawat.

4. Melewatkan SPF

Meski kulitmu berjerawat, perlindungan terhadap sinar matahari ada sebuah keharusan. Sinar matahari bisa membuat kulit mengalami pigmentasi berlebih yang membuat kulit menjadi kemerahan. Kemarahan ini akan membuat jerawat menjadi parah.

5. Kurang tidur

Tubuhmu butuh istirahat. Jika kamu sering bekerja hingga larut dan kurang tidur, kamu akan mudah stres. Stres membuat hormonmu tidak seimbang dan itulah penyebab jerawat. Mulailah untuk mengatur waktu dan dapatkan waktu istirahat yang cukup.

Nah, dari lima kebiasaan di atas adakah salah satunya yang kerap kali kamu lakukan? Atau justru semuanya merupakan kebiasaanmu? Yuk, kurangi kebiasaan itu dan dapatkan kulit cantik yang kamu inginkan!

You May Like

To Top