How To?

5 Hal Sederhana Ini Bisa Tekan Nafsu Makan Kamu Lho

5 Hal Sederhana Ini Bisa Tekan Nafsu Makan Kamu Lho

Di tengah pandemi ini kamu pasti lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kebanyakan orang mengeluh berat badan mereka naik drastis karena terus menerus berada di rumah. Kurang berolah raga, tidak bisa mengontrol nafsu makan, hingga bermalas-malasan ternyata mampu membuat berat badanmu naik.

Nah, untuk kamu yang sedang berjuang mengontrol berat badanmu, di bawah ini ada tips sederhana bagaimana menekan nafsu makan saat di rumah saja.

1.Hindari memesan makanan instan

Saat di rumah saja, kamu mungkin bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Apalagi sekarang jasa layanan mengantar makanan sudah sangat baik, kamu tentu kerap kali memesan makanan lewat jasa antar makanan.

Mulai sekarang, hindari untuk melakukan hal-hal tersebut, karena saat kamu memesan makanan, kamu akan sulit mengontorl kuantitas makanan yang kamu pesan. Kamu juga akan selalu penasaran dengan menu yang dikeluarkan restoran-restoran di sekitarmu.

2. Makan tepat waktu

Karena bersantai di rumah, mungkin kamu berpikir tidak apa-apa jika kamu telat makan. Padahal hal ini justru bisa membuat nafsu makanmu meningkat karena kamu merasa sangat lapar.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengatur pola makan dan atur jam makan agar kamu terbiasa disiplin dan bisa mengontrol berat badanmu.

3. Mulai berolah raga

Olah raga menjadi hal yang jarang dilakukan saat kita berada di rumah. Jika biasanya kamu terbiasa berlari keliling komplek rumahmu, bersepeda, bermain sepak bola, dan olah raga lainnya, mungkin sekarang kamu akan sedikit terganggu karena protokol kesehatan yang digunakan untuk mencegah pandemi semakin meluas.

Karena tidak bisa berolah raga di luar, bukan berarti kamu tidak bisa berolah raga sama sekali. Kamu bisa berolah raga di rumah dengan olah raga sederhana seperti lompat tali, yoga, senam, dan lain-lain.

4. Minum sebelum makan

Sebelum makan, cobalah untuk minum air putih hangat sekitar 5-10 menit sebelumnya. Hal ini akan menekan nafsu makanmu sehingga porsi makan akan lebih sedikit.

5. Mengunyah makanan sekitar 32 kali

Mengunyah makanan menjadi agenda penting agar makanan yang kamu konsumsi dapat diserap baik untuk tubuh. Masalahnya adalah berapa kali kamu mengunyah makanan sebelum kamu telan? Membiasakan mengunyah makanan dengan baik, atau sebanyak 32 kali akan membuat perutmu kenyang lebih cepat.

Makanan yang benar-benar halus juga akan sangat cepat diserap tubuh. Berbeda jika kamu makan dengan buru-buru, lambung dan usus akan membutuhkan energi lebih besar untuk menghancurkan dan menyerap sari makanan sehingga kamu menjadi lebih cepat lapar kembali.

Itulah beberapa tips sederhana untuk kamu yang ingin menekan nafsu makan. Selamat mencoba!

To Top