in

5 Cara Agar Selamat dari Tsunami

Foto: Voanews

Tsunami termasuk salah satu bencana yang paling merusak. Semakin kuat dan tinggi gelombang tsunami, maka tsunami tersebut akan semakin mematikan. Orang yang terjebak dalam tsunami kemungkinan hidupnya sangat tipis.

Sekedar untuk pengetahuan bagi kita semua, jika seandainya kita berada di wilayah pantai lalu terjadi tsunami, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar selamat dari hantaman gelombang tsunami. Simak cara-caranya berikut ini:

1. Segera jauhi wilayah pesisir pantai

Tanda-tanda munculnya tsunami bisa dikenali lebih awal. Jika seandainya terjadi gempa, baik itu kecil atau besar, jangan menunggu lama. Segera pergi dari wilayah pesisir pantai ke tempat yang lebih tinggi.

loading...

Baca Juga: 6 Tsunami Paling Dahsyat Yang Terjadi Di Zaman Kuno

2. Jangan coba-coba memikirkan harta benda

Setelah muncul tanda-tanda atau peringatan tsunami, jangan sesekali Anda memikirkan cara bagaimana menyelamatkan harta benda Anda. Segera bawa anak dan keluarga Anda pergi ke luar rumah dan carilah tempat yang lebih tinggi. Jika Anda sibuk menyelamatkan harta benda, nanti nyawa Anda jadi taruhannya.

3. Berlindung di gedung-gedung yang tinggi

Gedung-gedung yang tinggi mampu menahan hantaman gelombang tsunami. Jika tidak ada daerah dengan permukaan tinggi, larilah ke atap gedung. Jangan coba-coba bersembunyi di tempat yang sangat rendah. Sebab gelombang tsunami masih bisa menjangkau bangunan tersebut. Namun jika digedung, gelombang tsunami tidak akan sampai ke atas gedung.

4. Ikat tubuh ke pohon yang kuat

Jika senadainya Anda terlambat melarikan diri dari tsunami dan tidak ada bangunan tinggi sama sekali di sekitar Anda, segera ikat tubuh Anda ke pohon-pohon yang kokoh, seperti pohon kelapa, beringin dan pohon lainnya yang berpotensi tidak akan roboh jika terkena tsunami.

Baca Juga: 5 Film Mega Tsunami Paling Menegangkan yang Wajib Kamu Tonton

Memang Anda akan tetap terkena dampak dari tsunaminya, tapi Anda setidaknya tidak akan terseret oleh gelombang air yang sangat deras. Setelah gelombang tsunami melalui Anda, lepaskan ikatan tersebut dan segera berenang ke permukaan air.

5. Cari benda-benda yang bisa mengapung

Bila Anda sudah terlembat melarikan diri dan Anda terombang ambing oleh gelombang tsunami, lihatlah di sekitar Anda dan coba temukan benda-benda yang bisa mengapung, seperti kayu atau benda plastik berukuran besar. Kemudian berpeganganlah pada benda tersebut agar Anda tidak tenggelam.

Dulu pas tsunami Aceh, ada seorang bocah yang berhasil selamat dari dahsyatnya tsunami berkat berpegangan erat pada kayu.

Itulah beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan diri dari tsunami. Semoga tips di atas bermanfaat bagi kita semua. Sisanya kita pasrahkan saja kepada Tuhan.

loading...
loading...
Loading...
Loading...