in

4 Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Tidak

4 Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Tidak 1

Jika Anda hendak membeli ikan di supermarket atau pasar, sebaiknya Anda perhatikan dulu kondisi ikannya. Pasalnya tidak semua ikan yang dijual dalam kondisi segar semuanya, sebagian ada yang sudah disimpan dalam waktu lama dengan menggunakan bahan pengawet agar bertahan lama.

Ikan yang mengandung bahan pengawet atau sudah dibiarkan terlalu lama, dagingnya cenderung ditinggali bakteri berbahaya. Jika sampai masuk ke pencernaan tubuh Anda, akibatnya bisa fatal. Selain itu, kandungan proteinnya sudah hilang, tidak akan memberikan nutrisi apapun untuk tubuh.

Oleh karena itu Anda harus pandai-pandai dalam memilih ikan. Berikut ini ada 4 tips mudah membedakan ikan segar dan ikan yang tidak segar, seperti dikutip Wow Menariknya dari halaman Facebook Seismik Makanan.

Baca Juga: Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Matang

1. Lihat bagian mata ikannya

4 Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Tidak 2
Foto: Facebook/Seismik Makan

Ikan yang segar memiliki warna yang jernih, tidak kuning, kusam atau coklat dan matanya timbul. Sedangkan ikan yang tidak segar memiliki warna kuning kemerah-merahan dan bagian matanya sedikit tenggelam.

2. Lihat bagian insangnya

4 Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Tidak 3
Foto: Facebook/Seismik Makan

Ikan yang masih segar cenderung memiliki warna insang yang merah terang, kalau ikan yang tidak segar memiliki warna insayng berwarna cokelat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Ayam Formalin, Ayam Suntik dan Tiren

3. Tekstur ikan

4 Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Tidak 4
Foto: Facebook/Seismik Makan

Jangan lupa lihat bagian tekstur ikan untuk menentukan segar atau tidaknya seekor ikan. Ikan yang segar memiliki tekstur keras dan tidak berlendir, sedangkan ikan yang tidak segar memiliki teksur yang lembik dan penuh dengan lendir.

4. Kulit ikan

4 Tips Mudah Membedakan Ikan Segar dan Tidak 5
Foto: Facebook/Seismik Makan

Ikan segar memiliki kulit berkilat dan sisik yang kuat, warnanya tidak pudar atau pucat. Kalau ikan yang sudah tidak segar lagi memiliki kulit yang kusam, tidak mengkilat dan mudah tercabut meski disentuh dengan tangan.

Loading...
Loading...